detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 15:15 WIB

Mantan Bupati Wonogiri Pamerkan Ribuan Koleksi Senjata Tradisional

Aris Arianto - detikNews
Mantan Bupati Wonogiri Pamerkan Ribuan Koleksi Senjata Tradisional Begug menunjukkan keris kepada PB XIII (berbatik) -- Foto: Aris Arianto/detikcom
Wonogiri - Mantan Bupati Wonogiri, Begug Poernomosidi, memamerkan 1.345 bilah koleksi pribadi berupa senjata tradisional. Beberapa di antaranya merupakan koleksi khusus berupa keris bertatah emas.

"Hari ini saya memamerkan 1.345 keris koleksi, sehingga mendapatkan penghargaan, memecahkan rekor dunia sebagai pemrakarsa pameran keris terbanyak," ungkap Begug kepada wartawan sesaat setelah pembukaan pameran, Senin (5/8/2019).

Pameran digelar di kediaman Begug yang juga sekretariat Padepokan Budaya Songgolangit di Jalan A Yani 41, Wonogiri. Meskipun didominasi senjata tradisional jenis keris, namun ada juga senjata jenis tombak, cundrik dan lain-lainnya.


Begug mengatakan beberapa keris yang dipamerkan merupakan keris dengan rancang bangun (dhapur) yang cukup rumit dan bernilai seni tinggi. Di antara yang dia sebut adalah keris dhapur nagasapta, dhapur nagaraja, dan beberapa bilah keris bertatah emas.
Mantan Bupati Wonogiri Pamerkan Ribuan Koleksi Senjata TradisionalKeris koleksi pribadi Begug Purnomosidi -- Foto: Aris Arianto/detikcom

Ribuan keris tersebut selama ini ada yang disimpan di Padepokan Budaya Songgolangit. Sebagian disimpan di sejumlah tempat, termasuk di kediaman Begug di Kota Solo. "Untuk keperluan pameran dibawa ke sini," ujar Begug.


Pameran itu, kata Begug, digelar sebagai wahana pembelajaran bagi generasi muda untuk mengenal warisa budaya. "Kalau mau belajar soal keris, silakan datang ke sini. Silakan lihat bukti tingginya budaya kita," tandasnya.

Sejumlah tamu undangan hadir dalam pembukaan pameran. Di antara yang hadir adalah Raja Kasunanan Surakarta, Susuhunan Pakubuwono (PB) XIII beserta istri, Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan sejumlah tamu lainnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com