detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 13:07 WIB

Sepertiga Koperasi di Wonogiri Mati Suri

Aris Arianto - detikNews
Sepertiga Koperasi di Wonogiri Mati Suri Tasyakuran Hari Koperasi di Wonogiri. Foto: Aris Arianto/detikcom
Wonogiri - Saat ini lebih dari sepertiga jumlah koperasi di Wonogiri, dalam kondisi mati suri. Namun Pemkab setempat tidak bisa berbuat banyak lantaran ketiadaan anggaran.

"Ada sepertiga lebih koperasi yang sekarang mati suri. Dari total 1.260 unit koperasi, yang mati suri lebih dari 400 unit," ujar Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri, Dwi Sudarsono, Selasa (30/7/2019).

Kondisi tersebut, jelas dia, sudah berlangsung bertahun-tahun. Koperasi-koperasi aneka jenis yang tersebar di 25 kecamatan se-Wonogiri itu sudah tidak memiliki aktifitas, termasuk tidak menggelar rapat anggota tahunan dan sejenisnya.


"Sebagian koperasi itu awalnya didirikan hanya untuk kepentingan sesaat. Jadi hanya ketika ada proyek bantuan, dan setelah proyek berakhir, koperasi kemudian bubar," kata Dwi.

Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan terhadap koperasi-koperasi tersebut. Hanya saja, pihaknya mengaku tidak memiliki anggaran untuk melakukan verifikasi. Biaya untuk verifikasi, kata Dwi, sebenarnya sudah diusulkan ke APBD tapi tidak disetujui.

"Terhadap koperasi tersebut, sebenarnya perlu dilakukan langkah verifikasi oleh tim gabungan OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Hasil verifikasi dilaporkan ke pusat untuk ditempuh pembubaran," jelas Dwi.



(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com