detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 07:26 WIB

Round-Up

Saat Lilik Gantikan Nazar Amien Rais Jalan Kaki Yogya-Jakarta

Usman Hadi - detikNews
Saat Lilik Gantikan Nazar Amien Rais Jalan Kaki Yogya-Jakarta Lilik Yuliantoro bermaksud menggantikan Amien Rais jalan kaki Yogya-Jakarta. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Jakarta - Lilik Yulintoro (29) memulai aksinya berjalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta sejak Senin (22/7) kemarin. Ia bermaksud menggantikan nazar Amien Rais yang disebutnya belum terlaksana, yakni berjalan kaki Yogya-Jakarta apabila Jokowi terpilih menjadi presiden.

Pemuda asal Blora ini memulai aksinya di Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta. Mengenakan kaus lengan panjang dan celana hitam, Lilik juga terlihat membawa tas ransel. Ia juga mengalungkan kertas bertuliskan 'AKSI JALAN KAKI JOGJA-JAKARTA MENGGANTIKAN NADZAR AMIN RAIS'.

"Persiapannya cuma dari Blora bawa bekal baju dua, terus air minum sama tulisan, sama bendera merah putih, uang bawa Rp 50 ribu," ujar Lilik saat ditemui wartawan di Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta, Senin (22/7) kemarin.


Kepada wartawan, Lilik mengaku terketuk hatinya untuk melaksanakan nazar Amien Rais berjalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta. Menurutnya, sosok Amien Rais sudah sepuh dan sudah waktunya menikmati hari tua bersama keluarga di rumah.

"Berhubung Bapak Amien Rais sudah tua, untuk itu saya terketuk dari hati untuk melaksanakan, menggantikan nazarnya beliau. Lebih baik Bapak Amien Rais di rumah biar yang muda melanjutkan generasi untuk penerusnya. Biar yang muda-muda membangun bangsa," katanya.

Meski bermaksud menggantikan nazar Amien Rais, namun hingga kini Lilik belum bertemu dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut. "Saya nggak ada yang ngutus. Saya dari hati, benar-benar terketuk, enggak ada sepeserpun yang membayar," tegasnya.


Lilik menargetkan tiba di Jakarta pada 17 Agustus 2019. Sesampainya di Jakarta ia akan mencoba menemui Presiden Jokowi di Istana Negara. Tak hanya berencana menemui presiden, Lilik juga ingin sowan ke Amien Rais dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

"Insyaallah bila diizinkan pasti akan bertemu (Jokowi), mau menyerahkan sepucuk surat Dilan untuk Melia, dalam arti Melia itu dari masyarakat, sama wayang kulit sengkuni," ungkapnya.

"Kalau diizinkan (juga) sowan ke Pak Amien Rais dan ke Pak Prabowo. Mari kita bersama-sama membangun Indonesia tanpa ada saling menghujat, saling... Politik sudah selesai, semua sudah selesai, kita kembali ke Indonesia, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila," sambungnya.


Kini Lilik yang mengaku hanya membawa uang saku Rp 50 ribu itu belum membawa wayang sengkuni. Ia berencana membeli wayang sengkuni di perjalanan. Kemudian sesampainya di Jakarta wayang tersebut akan diserahkan ke Presiden Jokowi.

"Wayang sengkuni ini simbol. Sengkuni itu kalau pewayangan mahabarata kayak zaman-zaman dulu. Wayangnya nanti saya beli di jalan, gitu," ucap pria yang mengenakan ikat kepala khas Samin tersebut.

Aksi Lilik berjalan kaki menggantikan nazar Amien Rais tersebut direspon Sekjen PAN Eddy Soeparno. Eddy berharap Lilik selamat dalam perjalanan berangkat ke Jakarta maupun saat pulang ke kampung halaman.

"Semoga (Lilik) selalu jaga kesehatan dan selamat sampai di tujuan dan kembali ke kampung halaman," tutur Eddy. "Kami doakan yang terbaik untuk Mas Lilik," pungkas dia.




Tonton video Anggap Pidato Jokowi Kurang UUD 45, Amien Rais Ajak Duduk Bareng:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com