detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 10:43 WIB

Memprihatinkan! Museum Olahraga di Kompleks Api Abadi Mrapen Mangkrak

Akrom Hazami - detikNews
Memprihatinkan! Museum Olahraga di Kompleks Api Abadi Mrapen Mangkrak Kondisi gedung Museum Olahraga di Mrapen, Grobogan. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Grobogan - Kondisi bangunan Museum Olahraga di kompleks Api Abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan, Jateng, memprihatinkan. Sudah 3 tahun selesai dibangun, bangunan itu belum sekalipun dipakai dan bahkan kini sebagian sudah rusak.

Pantauan detikcom di lokasi memperlihatkan kondisi bahkan bangunan itu tak terawat. Kerusakan terjadi di lapisan langit-langit yang ambrol. Itu terjadi di dalam gedung, di samping dan belakang gedung. Permukaan lantai di belakang gedung juga rusak.

Petugas yang menolak menyebutkan identitasnya mengatakan, bangunan untuk Museum Olahraga ini selesai dibangun 2016. Pengelolaannya di bawah naungan Pemprov Jateng.

"Setahu saya memang dikelola provinsi. Kami hanya dipercaya membawa kunci. Gedung ini jadi sekitar 2016. Sejak jadi sampai sekarang, belum dipakai," kata dia.


"Kerusakan bangunan juga bukan lagi tanggung jawab rekanan. Karena harusnya enam bulan setelah jadi kan tanggung jawab rekanan. Begitu gedung jadi, malah tidak dipakai. Sekarang malah rusak," lanjutnya.
Memprihatinkan! Museum Olahraga di Kompleks Api Abadi Mrapen MangkrakKondisi gedung Museum Olahraga di Mrapen, Grobogan. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)

Sekda Jateng, Sri Puryono, saat ditanya mengenai kondisi dan pengelolaan gedung tersebut, mengaku akan segera memperbaikinya. "Sudah akan ada perbaikan tahun ini. Rusak ya dibangun," jawabnya.

Tujuan dibangun Museum Olahraga, terang dia, untuk membuat histori keolahragaan. Api abadi Mrapen dipakai untuk berbagai kegiatan olah raga maupun kegiatan lain, bahkan tingkat dunia. Dicontohkan Ganefo 1963, kegiatan PON, bahkan juga kegiatan yang digelar negara lain.


"Kemudian histori keolahragaan di Jateng itu banyak. Kita punya atlet-atlet nasional bahkan internasional dari Jateng. Kita sedang susun paketnya baik, bagus. Orang nanti kalau berkunjung itu bisa cerita secara utuh. Tidak keliru sejarah prestasi olahraga," kata dia.

Namun diakuinya pula, bahwa sudah tiga tahun sejak gedung itu selesai dibuat, memang hingga kini belum pernah terpakai sesuai yang dikatakannya tadi.
Memprihatinkan! Museum Olahraga di Kompleks Api Abadi Mrapen MangkrakMuseum Olahraga di Mrapen, Grobogan. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)

(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com