detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 15:45 WIB

Selain di Dieng, Embun Es di Bukit Pangonan Jauh Lebih Tebal

Uje Hartono - detikNews
Selain di Dieng, Embun Es di Bukit Pangonan Jauh Lebih Tebal Foto: dok Aryadi Darwanto/detikcom
Banjarnegara - Fenomena embun es di dataran tinggi Dieng terus menyedot perhatian wisatawan. Namun ternyata, komplek Candi Arjuna bukanlah titik terdingin di kawasan itu. Ada lokasi lain yang lebih dingin sehingga embun es muncul lebih tebal dan lebih lama.

Lokasi tersebut adalah di padang sabana Pangonan. Padang sabana ini berada di bukit di atas pemukiman warga Desa Dieng Kulon atau sekitar 15 sampai 20 menit dari Museum Kaliasa. Biasanya, saat di komplek Candi Arjuna tidak muncul embun es, di bukit Pangonan bisa muncul embun es.

"Warga di Dieng percaya jika titik terdingin itu di bukit Pangonan. Jadi saat di komplek Candi Arjuna suhu tidak sampai minus nol derajat, tetapi di Pangonan bisa muncul embun es," kata kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto saat dihubungi detikcom, Sabtu (20/7/2019).
Bukit Pangonan DiengBukit Pangonan Dieng Foto: dok Aryadi Darwanto/detikcom

Di padang sabana Pangonan terdapat telaga kecil. Hanya, saat ini sudah kering, sehingga hanya terlihat tanah dan rerumputan yang memutih akibat embun es. Padahal, selain embun es di puncak bukut Pangonan juga bisa melihat sunrise dan padang sabana. Seperti padang sabana pada umumnya, rumput-rumput tumbuh liar dan luas di bukit tersebut. Sehingga cocok untuk selfie untuk wisatawan.

Sayangnya, lokasi tersebut masih belum banyak diketahui wisatawan terutama yang penasaran dengan fenomena embun es. Hingga saat ini, wisatawan yang penasaran dengan embun es menuju lapangan di komplek Candi Arjuna.

"Sekarang belum banyak wisatawan yang berburu embun es ke Pangonan. Meski di komplek Candi Arjuna juga kerap muncul embun es. Tetapi jika di komplek Candi Arjuna embun es mencair pukul 07.30 WIB, di bukit Pangonan pukul 08.00 WIB masih belum mencair," jelasnya.



Tonton video Sudah Sepekan, Perkebunan Teh di Bandung Berembun Es:

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com