detikNews
Senin 15 Juli 2019, 18:38 WIB

Butuh 5 Hari untuk Evakuasi Crane yang Tertabrak Kapal di Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Butuh 5 Hari untuk Evakuasi Crane yang Tertabrak Kapal di Semarang Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Butuh lima hari untuk mengevakuasi bangkai crane yang roboh akibat ditabrak kapal di pelabuhan peti kemas Tanjung Emas Semarang. Namun Pelindo III menjamin tidak akan ada keterlambatan jadwal pelayanan.

Dari pantauan di lokasi, Senin (15/7/2019) sore, terlihat crane masih menimpa sejumlah kontainer di dermaga. Kapal yang menabrak yaitu MV Soul of Luck juga terlihat masih di lokasi.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengatakan butuh lima hari untuk mengevakuasi crane yang roboh karena ada proses untuk klaim asuransi. Jika proses asuransi sudah selesai maka bangkai crane akan segera disingkirkan.

"Kami akan singkirkan bangkai crane yang jatuh di dermaga. Butuh waktu lima hari. Kenapa tidak bisa segera karena ada kebutuhan asuransi. Kalau sudah ambil foto dan lain-lain akan kita pindahkan," kata Doso di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (15/7/2019).


Doso menyebut akibat peristiwa itu, kecepatan bongkar muat melambat 5 sampai 10 persen. Hal itu menurut Doso tidak akan membuat keterlambatan pelayanan.

"Kami dihubungin beberapa pelabuhan yang merupakan next port apakah ada keterlambatan atau delay. Kami jamin tidak ada kelambatan atau delay, tidak sampai hari, hanya beberapa jam," jelasnya.

Langkah Pelindo III untuk menjaga pelayanan bongkar muat yaitu akan merelokasi container crane pelayanan domestik ke ekspor. Jika diperlukan crane pengganti secepatnya maka akan didatangkan dari Surabaya.


"Pelindo III di Surabaya punya beberapa crane. Relokasi butuh waktu dua minggu. Kami jamin tidak ada delay pelayanan peti kemas," pungkasnya.

Untuk diketahui, Kapal MV Soul of Luck menghantam container crane nomor 3 di Dermaga Petikemas Tanjung Emas Semarang hingga roboh hari Minggu kemarin sekitar pukul 17.00 WIB. Kerugian yang timbul akibat insiden ini mencapai Rp 60 miliar.




Tonton Video Kapal Tabrak Crane hingga Ambruk di Pelabuhan Semarang:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Semarang Night Carnival, Semarang "
[Gambas:Video 20detik]

(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com