detikNews
Senin 15 Juli 2019, 15:41 WIB

5 Periode Jabat Ketua DPC PDIP Solo, FX Rudy: Saya Dipaksa Bu Mega

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
5 Periode Jabat Ketua DPC PDIP Solo, FX Rudy: Saya Dipaksa Bu Mega FX Hadi Rudyatmo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - FX Hadi Rudyatmo kembali terpilih menjadi Ketua DPC PDIP Surakarta untuk kelima kalinya. Padahal Rudy sudah berikrar tak mau lagi menjabat posisi tersebut.

Keputusan disampaikan dalam Konferensi Cabang (Konfercab) di Semarang, Minggu (14/7) kemarin. Penunjukan Rudy tertulis dalam surat rekomendasi yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Sebelumnya, Rudy mengaku telah menyampaikan langsung kepada Megawati agar tidak lagi memilihnya menjadi Ketua DPC PDIP Surakarta. Dia ingin posisi tersebut diisi kader lainnya.

"Saya sebenarnya sudah matur (bilang) ke Bu Mega agar tidak dipilih lagi, biar diisi lainnya untuk regenerasi. Saya sudah 20 tahun jadi ketua, itu sudah rekor," kata Rudy saat ditemui di rumah dinas Loji Gandrung, Senin (15/7/2019).


Pria yang menjabat Wali Kota Surakarta itu menceritakan konfercab berlangsung dramatis. Dia mengaku sempat menyatakan tidak setuju kepada perwakilan DPP yang hadir.

Beberapa perwakilan DPP PDIP yang hadir ialah Wakil Sekjen DPP PDIP Utut Adianto, Ketua bidang Perekonomian DPP PDIP Hendrawan Supratikno dan Ketua DPP PDIP bidang Badan Pemenangan Pemilu Bambang Dwi Hartono.

Bahkan saat itu dia langsung menelepon Megawati untuk meminta kejelasan keputusan tersebut. Namun pada akhirnya Rudy tidak bisa mengelak lagi untuk mengurus PDIP Surakarta periode 2019-2024.

"Dari dulu kan saya yang terus meminta Bu Mega jadi Ketum. Sekarang giliran saya diminta jadi Ketua DPC, kira-kira seperti itu. Saya nangis lho itu," ujarnya.


Namun dia mengaku siap mengemban tugas dari Megawati. "Akhirnya saya terima. Apapun yang ditetapkan oleh Ketum, saya siap melaksanakan. Sebenarnya saya tidak di kepengurusan pun saya tetap akan membantu," katanya.

Rudy menganggap terpilihnya kembali dirinya untuk kelima kalinya tidak menghambat regenerasi partai. Meski Sejak 20 tahun yang lalu Ketua DPC PDIP Surakarta tidak berubah, namun kepengurusan selalu diperbarui.

"Tidak ada masalah dengan regenerasi. Kita sudah tunjuk 30 persen kader-kader baru yang lebih muda untuk mengisi posisi kepengurusan partai," pungkasnya.

Simak Video "Sah! Risma Dilantik Megawati Jadi Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP"
[Gambas:Video 20detik]

(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com