detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 15:16 WIB

Kepala BNPB: Masih Sulit Cari Pengganti Sekaliber Sutopo

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kepala BNPB: Masih Sulit Cari Pengganti Sekaliber Sutopo Penyerahan penghargaan dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) untuk Sutopo, Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Penghargaan kepada Sutopo Purwo Nugroho terus mengalir. Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengakui masih sulit mencari pengganti yang sekaliber Sutopo untuk posisi Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB hingga saat ini.

"Kalau untuk pengganti kaliber Pak Topo untuk saat ini ya masih sulit lah. Nanti kita usahakan, akan lahir Sutopo-Sutopo muda nanti," ujar Doni Monardo.

Hal ini disampaikan Doni kepada para wartawan saat menghadiri pemberikan penghargaan kepada almarhum Sutopo dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), di rumah orang tua Sutopo, jalan Jambu, Kampung Surodadi RT 07/09 Kelurahan Siswodipuran, Boyolali Kota, Kamis (11/7/2019).


Pihaknya juga mengapresiasi banyak pihak yang memberikan penghargaan atas kinerja almarhum Sutopo. BNPB juga sedang membicarakan tentang penghargaan yang akan diberikan kepada Sutopo.

"Artinya semakin banyak pihak yang memberikan apresiasi atas kinerja seorang Aparatur Sipil Negara, dan penghargaan kan tidak dilihat secara fisik. Bagaimana di dunia nyata dengan hadirnya banyak orang di pemakaman baik di kediaman juga menyambut, pemberitaan media yang luar biasa, hampir tidak ada media yang luput memberitakan tentang Pak Topo dan ini tentunya suatu penghargaan yang luar biasa," imbuh Doni.

Sutopo meninggalkan seorang istri, Retno Utami Yulianingsih dan dua putra, yakni Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho yang kini menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho, siswa di SMP Lab School Cibubur, Jawa Barat.


"Kita berpikir bagaimana supaya kedua putra beliau mendapat pendidikan yang terbaik dan sampai selesai," tuturnya.

Menurut Doni, pihaknya sudah dihubungi beberapa pihak yang telah siap membantu beasiswa kepada kedua putra Sutopo yang saat ini masih sekolah.

"Beberapa pihak telah menyampaikan kepada saya akan membantu memberikan beasiswa kepada putra-putra Pak Topo. Sampai selesai kuliah dan diharapkan juga sampai nanti mendapatkan pekerjaan," kata Doni.



Berjasa ke Pers, ATVSI Beri Penghargaan ke Alm Sutopo Purwo Nugroho:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Selamat Jalan Pak Sutopo, The First Responders!"
[Gambas:Video 20detik]

(sip/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com