UNS Masih Buka Jalur Seleksi Mandiri, Ini Jadwal dan Syaratnya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 09 Jul 2019 18:25 WIB
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) telah diumumkan hari ini. Bagi peserta yang tidak lolos, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masih membuka jalur Seleksi Mandiri (SM).

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengatakan pendaftaran jalur SM telah dibuka sejak 2 Juli 2019. Pendaftaran akan berakhir pada 12 Juli 2019.

"Peserta akan mengikuti tes pada 21 Juli 2019. Hasil akan diumumkan pada tanggal 31 Juli 2019," kata Jamal dalam jumpa pers di UNS, Selasa (9/7/2019).

Tes SM UNS akan dilakukan serentak di tujuh tempat, yakni di UNS Surakarta, UNESA Surabaya, UNHAS Makassar, UNTIRTA Serang, UNJ Jakarta, UNPAD Jatinangor Bandung, USU Medan dan UNILA Lampung.

Rektor mengatakan UNS tahun ini menyediakan sebanyak 6.420 kursi untuk mahasiswa baru. 1.032 kursi di antaranya akan diisi oleh mahasiswa baru dari jalur SM.

"Sebelumnya sudah kita lakukan seleksi lewat jalur SNMPTN ada 2.027 orang yang diterima. Kemudian jalur SBMPTN kita terima 3.361 orang," kata dia.

Adapun syarat untuk mengikuti jalur SM ialah memiliki sertifikat hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) serta membayar biaya Rp 300 ribu.

Sebagai pertimbangan untuk menentukan hasil seleksi ialah nilai UTBK LTMPT, nilai tes masuk SM UNS serta prestasi non-akademik.


Simak Video "Inovasi UNS Solo Hadapi Asap Pekat Karhutla"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/bgs)