detikNews
Senin 08 Juli 2019, 19:26 WIB

Ini Konsekuensi Bila Cabut Berkas Pendaftaran SMP di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ini Konsekuensi Bila Cabut Berkas Pendaftaran SMP di Solo Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Proses daftar ulang dalam rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Solo dimulai hari ini. Para pendaftar diminta jangan buru-buru mencabut berkas pendaftaran jika tidak diterima sekolah pilihannya.

Dinas Pendidikan (Disdik) Surakarta memperkirakan hal itu terjadi ketika pendaftar terus tergeser dari empat sekolah pilihannya. Hingga akhirnya sistem komputer memilihkannya sekolah dekat rumah yang masih memiliki sisa kursi.

"Apabila orang tua tidak mau anaknya sekolah di SMP yang dipilihkan oleh komputer, silakan boleh dicabut. Tapi mereka tidak bisa mendaftar ke sekolah negeri lain, karena pendaftaran sudah tutup," kata Kabid SMP Disdik Surakarta, Bambang Wahyono saat dihubungi detikcom, Senin (8/7/2019).

Saat ini pihaknya belum mendapatkan data persebaran siswa dan sekolah. Disdik masih menanti proses daftar ulang ditutup pada Selasa (9/7) sore.

"Kami belum tahu apakah semua anak mendapatkan sekolah atau berapa sekolah yang masih kekurangan murid. Setelah daftar ulang nanti akan kelihatan semua," ujarnya.

Sementara Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo meminta orang tua peserta tidak terlalu berharap anaknya bersekolah di SMP pilihannya. Sebab dalam sistem zonasi memang memungkinkan peserta tergeser ke sekolah di luar zona.

"Misal pilihannya dari SMP 8, tergeser terus jadi SMP 25. Yang penting kan sekolah negeri dulu, masih di dalam kota," ujarnya.

Rudy meminta orang tua tidak perlu khawatir anaknya tidak mendapatkan sekolah. Menurutnya, kuota sekolah negeri di Solo masih bisa menampung seluruh peserta PPDB.

"Tidak perlu bingung, SD/SMP saya yang nanggung. Semua anak harus dapat sekolah," pungkasnya.



Simak Juga 'Imbas Sistem Zonasi, SMP di Tulungagung Cuma Dapat 5 Siswa':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Tumpeng Kirab Kraton Solo, Solo "
[Gambas:Video 20detik]

(bai/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com