Doni Monardo Ungkap Sutopo Sempat Kirim Video di Hari-hari Terakhirnya

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 08 Jul 2019 15:10 WIB
Pemakaman Sutopo Purwo Nugroho di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Pemakaman Sutopo Purwo Nugroho di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Kepala BNPB, Letjen (TNI) Doni Monardo menceritakan kondisi Sutopo Purwo Nugroho di hari-hari terakhirnya. Bahkan beberapa hari yang lalu, Sutopo masih mengirimkan videonya yang sedang dirawat di Guangzhou, China.

"Sempat beberapa hari yang lalu mengalami peningkatan kesembuhan, sudah bisa berkomunikasi, bahkan sempat mengirimkan video kepada kami di BNPB. Tapi dua hari terakhir mengalami penurunan dan pada akhirnya kembali kepada Allah SWT," kata Doni Monardo kepada wartawan usai memimpin upacara pemakaman almarhum Sutopo Purwo Nugroho di TPU Sonolayu, Boyolali Kota, Senin (8/7/2019).

Saat ditanya wartawan terkait pemberian penghargaan dari pemerintah untuk Sutopo, Doni memberi penjelasan.


"Penghargaan Negara untuk yang resmi belum, tapi kita lihat hari ini semua pemimpin bangsa kita telah memberikan perhatian dan penghargaan kepada Pak Topo melalui ucapan. Kita juga melihat respon publik yang luar biasa, termasuk di dunia maya juga, dari dalam maupun luar negeri, luar biasa," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Doni juga menyampaikan terima kasih untuk pihak-pihak yang membantu kepulangan jenazah Sutopo ke Indonesia.


"Kami juga menghaturkan terima kasih kepada Ibu Menlu (Retno Marsudi), yang telah membantu melalui Konjen RI di Guangzhou, termasuk juga Bapak Menko Maritim, Jendral TNI (purnawirawan) Luhut Binsar Panjaitan, yang kebetulan pada saat yang sama berada di Guangzhou, sehingga kepulangan jasad almarhum ke Jakarta itu bisa lebih cepat," pungkas Doni.


Jenazah Sutopo Dimakamkan, Dipimpin Kepala BNPB:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Jokowi-SBY Kirim Karangan Bunga Untuk Sutopo"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)