detikNews
Senin 08 Juli 2019, 15:06 WIB

Buru Penembak Pos Polisi di Kulon Progo, Polisi Periksa 6 Saksi

Ristu Hanafi - detikNews
Buru Penembak Pos Polisi di Kulon Progo, Polisi Periksa 6 Saksi Pos polisi di Kulon Progo ditembaki orang tak dikenal. (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman - Polda DIY masih memburu pelaku aksi teror yang menembak pos polisi lalu lintas Siluwok, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Sejauh ini enam orang telah dimintai keterangan sebagai saksi untuk membantu mengidentifikasi siapa pelakunya.

"Kita masih dalam penyelidikan," kata Direktur Reskrimum Polda DIY, Kombes Pol Hadi Utomo, di Mapolda DIY, Senin (8/7/2019).

Hal itu disampaikannya ketika menjawab pertanyaan dari wartawan soal perkembangan penyelidikan kasus penembakan pos polisi yang terjadi pada Kamis (4/7) pekan lalu itu.

"Saksi sekitar enam orang yang dimintai keterangan, dari kamera CCTV juga sudah ada gambaran. Terduga pelaku dua orang, naik sepeda motor berboncengan, tidak memakai helm," jelas Hadi.

Kesimpulan sementara, polisi menduga aksi penembakan itu dilakukan oleh orang iseng.


"Seperti yang telah disampaikan Pak Kapolda, itu orang iseng saja. Bukan suatu peristiwa serius, tapi kita tetap lakukan penyelidikan," ujar Hadi.

Polisi juga berkoordinasi dengan Perbakin untuk mengidentifikasi senjata dan peluru yang digunakan oleh pelaku. Karena berdasarkan hasil olah TKP, senjata yang dipakai pelaku bukan senjata standar.

"Karena itu bukan senjata standar, airgun yang dimodifikasi. Jadi kalau tidak standar kita berkoordinasi dengan teman-teman Perbakin," imbuh Hadi.


Diketahui, pos polisi lalu lintas Siluwok yang berada di pinggir Jalan Wates-Purworejo ditembak oleh orang tak dikenal, Kamis (4/7) sekitar pukul 04.00 WIB.

Dari olah TKP, polisi mengamankan sebutir gotri bewarna emas diameter 4,5 mm. Juga didapati sebuah lubang tak lebih dari 1 cm di kaca sisi depan pos.


Polisi Beberkan Hasil Olah TKP Penembakan Pospol di Kulon Progo:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com