detikNews
Senin 08 Juli 2019, 10:56 WIB

52 Sekolah Negeri di Wonogiri Perpanjang PPDB Karena Kurang Siswa

Aris Arianto - detikNews
52 Sekolah Negeri di Wonogiri Perpanjang PPDB Karena Kurang Siswa Upacara sekolah di Wonogiri (Foto: Aris Arianto/detikcom)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Wonogiri - Sebanyak 50 SMP negeri dan 2 SMK negeri di Wonogiri kekurangan siswa baru. Puluhan sekolah tersebut membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) susulan.

"Total ada 50 SMP Negeri yang jumlah pendaftarnya tidak memenuhi kuota sampai berakhirnya PPDB pada Kamis (4/7) pekan lalu kemarin," ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Sriyanto, Senin (8/7/2019).

Jumlah total kekurangan siswa SMP negeri di Wonogiri mencapai 120 sekolah. Sekolahan yang masih kekurangan siswa itu berada di wilayah pinggiran. Di kawasan tersebut, ketersediaan lulusan SD memang sedikit imbas dari warga yang memilih pergi merantau.


Kekerangan murid juga dialami dua SMK negeri di Wonogiri, yakni SMKN 1 Pracimantoro dan SMKN 1 Giritontro. Sama seperti 50 SMPN, keduanya juga mendapat waktu untuk melakukan penerimaan peserta didik.

Kepala SMKN 1 Pracimantoro, Putra Jaya, menjelaskan sekolah yang dipimpinnya mendapatkan kuota 324, namun masih kekurangan sekitar 20 peserta didik. Pihaknya akan berkonsultasi dengan dinas pendidikan Jateng terkait kenyataan itu.


Pihaknya juga bekerjasama dengan pemerintah desa untuk menginformasikan pendaftaran peserta didik baru ke warganya. "Jika ada anak yang tidak bersekolah disarankan mendaftar di sekolah kami," ujar Putra.

Sementara di SMKN 1 Giritontro, dari total kuota 288, masih kekurangan peserta didik 41.


Simak Video "Gegara PPDB Zonasi, Orang Tua Ubah Alamat KK"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Dampak Sistem Zonasi Abaikan Nilai UN"
[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com