Keluarga: Sutopo BNPB Dimakamkan di Boyolali Senin Besok

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 07 Jul 2019 13:04 WIB
Suasana rumah duka Sutopo BNBP di Boyolali. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali - Suasana duka tampak di rumah orang tua Sutopo Purwo Nugroho di Boyolali, Jateng. Jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB itu akan dimakamkan di kampung halamannya, Boyolali.

"Akan dimakamkan di (tempat pemakaman umum) Sasono Layu, Boyolali," kata Ahmad Jatmiko (50), adik ipar Sutopo, ditemui di rumah duka, jalan Jambu, Kampung Surodadi RT 07 RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Boyolali Kota, Minggu (7/7/2019).

Di rumah duka, saat ini sudah berkumpul sejumlah pejabat daerah. Di antaranya Komadan Kodim 0724/Boyolali, Letkol (Kav) Herman Taryaman dan Kepala BPBD Boyolali, Bambang Sinungharjo.


Meja kursi yang ada di dalam rumah sudah dikeluarkan dari ruang tamu maupun ruang keluarga, diganti tikar. Meja kursi di tata di teras dan halaman rumah. Sejumlah ibu-ibu warga setempat juga tampak memasak.

Jatmiko mengatakan, ayah Sutopo, Suharsono (75) dan adik Sutopo, Rini Satiti Wulandari, sudah langsung berangkat ke Jakarta tadi pagi, setelah mendapat kabar meninggalnya Sutopo. Sedangkan, Ibunya, Sri Rusmandari (70), sudah berada di Jakarta, sekitar satu bulan lalu, semenjak Sutopo menjalani perawatan di Guangzhou, Cina.

"Kami mendapat kabar (meninggalnya Sutopo) sekitar jam 02.00 WIB. Terus Bapak ingin segera ke Jakarta, tadi pagi langsung berangkat bersama istrinya saya," jelas Jatmiko.


Sedangkan Jatmiko tetap berada di rumah untuk mempersiapkan pemakaman yang rencananya dilakukan besok. Namun pihaknya belum bisa memastikan waktu pemakaman.

"Dari Kemenlu tadi diusahakan hari ini sampai Jakarta. Cuma jamnya jam berapa belum tahu saya. Setelah sampai di Jakarta, ada upacara di Jakarta, pelepasan dan paginya (besok pagi) di bawa kesini (Boyolali). Kalau pagi dibawa naik pesawat, mungkin jam 10.00-an WIB sudah sampai sini, lha nanti (besok) jam 13.00 WIB dimakamkan," katanya.

Simak Video "Jokowi-SBY Kirim Karangan Bunga Untuk Sutopo"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/mbr)