detikNews
Sabtu 06 Juli 2019, 18:43 WIB

Astaga! Ratusan Wisatawan Pantai Gunungkidul Tersengat Ubur-ubur

Pradito Rida Pertana - detikNews
Astaga! Ratusan Wisatawan Pantai Gunungkidul Tersengat Ubur-ubur Ratusan wisatawan disengat ubur-ubur di pantai Gunungkidul. Foto: Dok SAR Satlinmas wilayah II Gunungkidul
Gunungkidul - Sebanyak 139 wisatawan di Pantai Selatan Gunungkidul tersengat ubur-ubur. Bahkan, empat orang diantaranya harus mendapat penanganan medis lebih lanjut karena tidak kuat menahan rasa sakit akibat sengatan tersebut.

"Sampai saat ini ada 139 orang yang tersengat ubur-ubur, rata-rata yang tersengat tadi anak-anak," ujar Sekretaris SAR Satlinmas wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Surisdiyanto saat dihubungi wartawan, Sabtu (6/7/2019).

Terkait hal tersebut, Surisdiyanto mengatakan bahwa Tim SAR telah memberi pertolongan medis kepada para wisatawan. Namun, karena efek sengatan ubur-ubur membuat bagian tubuh terasa panas, bahkan hingga sesak napas membuat beberapa wisatawan terpaksa dilarikan ke klinik terdekat.

"Tadi ada empat orang yang dibawa ke klinik karena tidak kuat (menahan efek dari sengatan ubur-ubur). Keempat orang itu terdiri dari tiga wisatawan Pantai Sepanjang dan satu wisatawan Pantai Krakal," kata Surisdiyanto.

Ratusan wisatawan disengat ubur-ubur di pantai Gunungkidul. Ratusan wisatawan disengat ubur-ubur di pantai Gunungkidul. Foto: Dok SAR Satlinmas wilayah II Gunungkidul

Lebih lanjut, Surisdiyanto menjelaskan bahwa 139 wisatawan yang tersengat ubur-ubur di beberapa pantai berbeda di Kabupaten Gunungkidul. Adapun rinciannya sebagai berikut, 28 orang wisatawan dari Pantai Sepanjang, 11 wisatawan dari Pantai Indrayanti, 20 wisatawan dari Pantai Krakal.

Disusul 43 orang wisatawan dari Pantai Kukup, 19 wisatawan dari Pantai Drini, 7 orang wisatawan dari Pantai Sadranan, 6 wisatawan dari Pantai Ngandong Sundak dan 5 orang wisatawan dari Pantai Nguyahan.


"Kami belum bisa memprediksi sampai kapan ubur-ubur ini muncul di pantai. Yang jelas kami terus mengimbau kepada para wisatawan agar tidak menyentuh atau menjadikan mainan ubur-ubur," ucapnya.

"Selain terus melakukan imbauan kepada wisatawan di Pantai, Tim SAR juga melakukan penyisiran untuk membersihkan ubur-ubur yang ada di pinggir pantai," imbuh Surisdiyanto.

Simak Video "Dikira Makanan, Gelembung Air Jadi Santapan Penyu "
[Gambas:Video 20detik]

(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com