detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 22:55 WIB

Pemda DIY Fokus Garap Semi Pedestrian Malioboro

Usman Hadi - detikNews
Pemda DIY Fokus Garap Semi Pedestrian Malioboro Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Pemerintah Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta, tengah fokus untuk mensukseskan program semi pedestrian di sepanjang kawasan Malioboro. Kini pemerintah masih sibuk menguji coba konsep semi pedestrian.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta, Munarta, menjelaskan nantinya konsep semi pedestrian hanya akan diterapkan di kawasan Malioboro saja, tidak di ruas jalan lainnya di Kota Yogyakarta.

"Sementara ini fokus (di Malioboro), sampai ini (Malioboro) betul-betul menjadi semi pedestrian," ujar Munarta kepada detikcom di Kota Yogyakarta, Rabu (3/7/2019).

Munarta menjelaskan, tahun ini Pemda DIY dan Pemerintah Kota Yogyakarta akan terus melakukan uji coba semi pedestrian di Malioboro. Uji cobanya akan dilakukan selapan atau 35 hari sekali setiap Selasa Wage.

Uji coba tersebut, kata Munarta, dimaksudkan untuk menyempurnakan konsep semi pedestrian di Malioboro. Sebab pemerintah berkeinginan untuk menjadikan Malioboro sebagai kawasan full semi pedestrian.

"Iya (Malioboro akan dijadikan full semi pedestrian), di mana interaksi terhadap orang yang jalan dengan kendaraan masih ada," tuturnya.

Munarta belum bisa memastikan sampai kapan uji coba semi pedestrian akan dilakukan pemerintah. Ia juga belum bisa menjabarkan kapan konsep full semi pedestrian diberlakukan di kawasan Malioboro.

"Tentunya (konsep Malioboro full semi pedestrian) sangat tergantung dengan berbagai hal, (terutama) infrastruktur pendukung ya. Ada penyediaan parkirnya, ini (ketersediaan parkir) dengan kota kita selalu koordinasi," tutupnya.


Simak Video "Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor, Seperti Ini Suasananya"
[Gambas:Video 20detik]

(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com