Ganjar Ingin Ajukan Proposal untuk Perbaiki PPDB Tahun Depan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 01 Jul 2019 19:16 WIB
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ingin agar tahun depan PPDB SMA dan SMK Negeri diperbaiki. Dirinya ingin mengajukan proposal yang lebih baik ke pemerintah terkait PPDB.

Hal itu diungkapkan Ganjar usai memantau dan melayani pengaduan PPDB online hari pertama di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng sore tadi.

"Ke depan akan rombak semuanya tidak seperti ini. Ini katanya pak menteri mau ketemu saya. Mungkin kalau sistem ini mau dibuat kalau ada usulan kita akan ajukan proposal yang paling baik," kata Ganjar, Senin (1/7/2019).

Ia menjelaskan, dalam PPDB online saat ini Pemerintah Provinsi sudah mengupayakan yang terbaik salah satunya usul diadakan rakor nasional sehingga terjadi perombakan aturan secara nasional.

"Ketika 2 provinsi membuat aturan beda, kami penuh etika. Saya izin, gara-gara kami izin diadakan rakor nasional, itu usulan kami. Akhirnya aturan berubah," pungkasnya.

Mengacu pada Permendikbud dan aturan di Jawa Tengah, Kuota PPDB online SMA Negeri di Jateng yaitu 80 persen zonasi yang dibagi 60 persen zonasi murni dan 20 persen prestasi dalam zona. Kemudian ada 15 persen prestasi luar zona serta 5 persen perpindahan tugas orangtua.

Meski demikian Ganjar mengapresiasi PPDB online saat ini karena bisa berjalan lancar dan bisa diakses dimana saja. Ganjar belum menyebut bagian apa yang ingin dia rombak.




Simak Juga 'Meski Tuai Pro-Kontra, Perpres PPDB Sistem Zonasi Segera Dikukuhkan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Bantu Warga Terdampak PPKM, Pemuda Semarang Dirikan Dapur Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/bgs)