detikNews
Senin 01 Juli 2019, 12:51 WIB

Wonogiri Waspada Penularan Hepatitis A yang Mewabah di Pacitan

Aris Arianto - detikNews
Wonogiri Waspada Penularan Hepatitis A yang Mewabah di Pacitan Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Wonogiri - Pemkab Wonogiri mewaspadai Hepatitis A yang sedang marak menimpa warga Pacitan, Jatim. Hal ini dilakukan mengingat wilayah Wonogiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan.

"Kami terus mewaspadai penyakit Hepatitis A itu, jangan sampai ikut mewabah di Wonogiri," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri, Adhi Dharma, Senin (1/7/2019).

Adhi Dharma mengaku pihaknya sudah memberikan peringatan dan imbauan kepada UPTD Puskesmas, terutama 5 kecamatan perbatasan dengan Pacitan, yakni Kecamatan Paranggupito, Giriwoyo, Batuwarno, Karangtengah, dan Kismantoro.

"Imbauannya diteruskan ke masyarakat melalui pemerintah desa. Selalu melaksanakan kegiatan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), kegiatan yang berhubungan dengan kuliner supaya diperhatikan, makanan maupun sarana penyajiannya harus tetap terjaga higienis, perhatikan sanitasinya serta memastikan harus cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menjamah makanan," tandas dia.


Sampai saat ini, menurut Adhi, belum ada laporan adanya peningkatan kasus hepatitis A di wilayah Wonogiri. Namun diakuinya bahwa Hepatitis A bukan termasuk 10 besar penyakit yang harus dilaporkan rutin, seperti TBC, DB, dan lainnya.

"Tapi tetap diwaspadai. Bagi warga Wonogiri yang akan menuju Pacitan, silakan saja, tidak ada larangan," tegas Adhi.


Pengendalian faktor resiko Hepatitis A dan Hepatitis E, jelas dia, ada beberapa hal. Meliputi cuci tangan pakai sabun secara benar, pengolahan makanan yang benar, memasak makanan sampai matang, menyimpan makanan di suhu aman, menggunakan air bersih dan bahan makanan yang baik.


Hepatitis A Merebak, Pemkab Pacitan Bagi-bagi Disinfektan:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "701 Warga Terjangkit Hepatitis A, Pacitan Berstatus KLB"
[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com