detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 14:01 WIB

Sultan HB X: Polemik Aturan Berbaju Muslim Siswa SDN Sudah Selesai

Usman Hadi - detikNews
Sultan HB X: Polemik Aturan Berbaju Muslim Siswa SDN Sudah Selesai Sri Sultan Hamengku Buwono x. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, angkat suara mengenai polemik siswa baru yang sempat diwajibkan berbaju muslim di SD Negeri Karangtengah III Gunungkidul. Sultan menganggap polemik tersebut sudah selesai.

"Kan sudah selesai, ya jangan jadi isu lagi kalau sudah selesai," ujar Sultan kepada wartawan di Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Kamis (27/6/2019).

Menurut Sultan, polemik yang terjadi di SDN Karangtengah III lebih dikarenakan kekeliruan penafsiran oleh pihak sekolah, sehingga pihak sekolah mengeluarkan surat edaran (SE) yang mewajibkan siswa barunya berbaju muslim.

Sultan menilai kekeliruan penafsiran tersebut bukan karena pihak sekolah tak paham dengan tata bahasa. Melainkan kepala sekolah dan para guru salah mengartikan sebuah aturan yang boleh berlaku di lingkungan sekolah.

"Kan kemarin dikatakan ini kekeliruan penafsiran, itu. Sekarang faktanya kan nyatanya keliru, mosok kepala sekolah buta huruf, kan nggak. Jadi kalau saya nggak ada kesengajaan dari awal," tuturnya.


Meski menyebut tak ada kesengajaan pihak sekolah, namun Sultan menegaskan pihaknya akan tetap menindaklanjuti polemik ini. "Mungkin hari ini ada pertemuan Kepala Disdikpora dengan seluruh kepala-kepala sekolah," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, SE tertanggal 18 Juni 2019 yang dikeluarkan SDN Karangtengah III menuai polemik karena mengharuskan siswa barunya berbaju muslim. SE tersebut sempat direvisi pihak sekolah.


Namun aturan revisinya tetap menimbulkan pro-kontra di masyarakat, lantaran masih ada nomenklatur 'dianjurkan'. Karena tetap diprotes, akhirnya pihak sekolah mencabut kedua SE yang sempat dikeluarkannya.



Tonton video SDN Ini Jadi Sorotan karena Edaran Wajibkan Siswa Berbaju Muslim:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed