detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 17:03 WIB

Edarkan Ratusan Gram Sabu di Magelang, Cupu Ditangkap Polisi

Eko Susanto - detikNews
Edarkan Ratusan Gram Sabu di Magelang, Cupu Ditangkap Polisi Jumpa pers kasus peredaran sabu di Kota Magelang. Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Polres Magelang Kota menangkap pengedar sabu YW alias Cupu (29). Sebanyak 132 gram sabu diamankan dari tangan Cupu.

Cupu mengaku memperoleh sabu dari temannya. Selama transaksi, Cupu dengan temannya tersebut hanya berkomunikasi melalui handphone. Setiap mengendarkan, Cupu menjual sebanyak 100 gram.

Selama ini Cupu menyembunyikan sabu yang telah dibungkusi dalam sedotan plastik dilakban hitam dengan ditempel di kausnya. Saat ditangkap, di kaus yang dipakainya ada 12 paket sabu yang sudah dilekatkan.

Wakapolres Magelang Kota Kompol Khamami mengatakan, Cupu diamankan di rumahnya kawasan Magersari, Kota Magelang, pada, Minggu (31/5).


"Dari YW diamankan beberapa barang bukti, yang pertama kaus. Kemudian, sabunya ditempel di kaus dengan menggunakan lakban warna hitam. Di samping itu, total dari seluruh barang bukti yang bisa kita amankan sebanyak 132 gram termasuk agak besar, biasanya kita hanya nol koma, nol koma. Ini satu koma agak besar dan di beberapa bungkus ada yang sudah siap edar, ada juga yang sisa dipakai," katanya dalam rilis di Mapolres Magelang Kota, Rabu (26/6/2019).

Berdasarkan barang bukti yang diamankan, kata dia, Cupu dikenakan diterapkan pasal sebagai pengedar sekaligus memakai juga. Untuk itu, yang bersangkutan diduga melanggar Pasal 114 ayat (2) juncto Pasal 112 ayat (2) dan atau Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika.


"Ancaman hukuman minimal 6 tahun, maksimal 20 tahun," katanya.

Sementara itu, Cupu mengakui, baru tiga kali mengedarkan sabu. Kemudian, setiap mengedarkan sabu, setiap satu titiknya dia mendapatkan upah Rp 30.000.

"Saya dapat upah Rp30.000 per titik. Saya diminta menempelkan sabu-sabu di kaus dari mereka (teman), dari pada ngguntingi lebih simpel," tutur Cupu.

Selama mengedarkan sabu ini, Cupu mengakui, telah mengantongi upah sekitar Rp5 juta.

Simak Video "Pelempar Molotov ke Kantor Polisi dan Rumdin Ketua DPRD Dibekuk!"
[Gambas:Video 20detik]

(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed