detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 10:25 WIB

Kebakaran di Wonogiri, Rumah, Kandang, dan 2 Ekor Sapi Jadi Abu

Aris Arianto - detikNews
Kebakaran di Wonogiri, Rumah, Kandang, dan 2 Ekor Sapi Jadi Abu Kebakaran melanda rumah dan kandang sapi milik warga di Wonogiri. Foto: Dok Polres Wonogiri
Wonogiri - Kebakaran melanda rumah dan kandang sapi milik warga di Wonogiri pagi tadi. Dua ekor sapi mati terbakar dalam kejadian ini.

Rumah dan kandang sapi yang terbakar merupakan milik Tarto (56) terletak di Dusun Semo RT 2 RW 1, Desa Sembukan, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri. Api melalap bangunan dan isinya pada sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi, Selasa (26/6/2019).

Kasubbag Humas Polres Wonogiri, Iptu Suwondo menceritakan kejadian ini awalnya diketahui oleh pemilik rumah. Tarto yang saat itu mendengar suara bambu pecah memeriksa kandang sapi yang berada di belakang rumahnya bersama sang istri, Satiyem (50).


"Ternyata ada sumber api yang membakar tumpukan jerami. Korban berusaha memadamkam api tersebut dengan menyiramkan air. Tapi api tersebut tidak padam dan merembet ke tumpukan jarami dan semakin besar membakar kandang," jelas Suwondo kepada detikcom, Rabu (26/6/2019).

Api selanjutnya merembet ke rumah korban. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Sekitar 3 hari yang lalu, korban membakar sekam untuk mengusir nyamuk. Diduga sekam belum padam dan menjadi penyebab terjadinya kebakaran," lanjutnya.


Suwondo mengatakan total kerugian akibat kejadian ini sekitar Rp 150 juta.

Jumlah kerugian itu merupakan akumulasi barang yang terbakar yakni rumah utama, kandang sapi, dua ekor sapi betina, satu buah mesin pompa air, surat berharga, perhiasan emas, puluhan pipa paralon, dan tumpukan kayu Jati dan Sono dalam bentuk balok.



Simak Juga 'Ditinggal Pergi Pemiliknya, Rumah di Polewali Mandar Kebakaran':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com