detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 13:10 WIB

Pemberangkatan 1.407 Jamaah Umrah Sehari di Semarang Pecahkan Rekor

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Pemberangkatan 1.407 Jamaah Umrah Sehari di Semarang Pecahkan Rekor Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Rekor Muri Pemberangkatan Jamaah Umrah Terbanyak dalam Satu Hari terpatahkan hari ini di Semarang. Sebelumnya ada biro perjalanan yang memberangkatkan 1.046 orang, kini biro asal Semarang menembus 1.407 orang.

Penilaian rekor tersebut sudah dilakukan Muri pada kegiatan pemberangkatan yang dilakukan Oktober 2018 lalu itu. Setelah unsur penilaian terpenuhi maka rekor sebelumnya resmi terpatahkan.

"Menumbangkan rekor sebelumnya oleh Mastour 1.046 orang 6 April 2017," kata Senior Manajer Muri, Linda saat penyerahan penghargaan di lokasi manasek Firdaus Fatimah Zahra, Gunung Pati, Semarang, Minggu (23/6/2019).

Biro perjalanan yang memecahkan rekor tersebut adalah PT Fatimah Zahra. Linda menjelaskan biro tersebut pada Oktober 2018 memberangkatkan jamaah dalam 3 tahap dan diambil yang paling banyak.

Kemudian pada 3 pemberangkatan tersebut berkumpul dan melakukan tawaf sehingga menciptakan rekor baru yang dicatat Muri yaitu Pemrakarsa dan Penyelenggara Ibadah Umrah dengan Tawaf dan Sa'i Jamaah Terbanyak dari Satu Agen Perjalanan, 3.838 Jamaah.


"Ini berdasar rekomendasi Kanwil Kemenag Jateng, dari himpunan penyelenggara umrah dan haji," pungkasnya.

CEO Fatimah Zahra, Mochamad Rifky Azady mengatakan dalam pemberangkatan jamaah terbanyak dalam sehari itu bak mencarter 11 pesawat karena berangkat dalam hari yang sama.

"Kami menggunakan 11 pesawat Garuda Indonesia. Kita juga pakai 86 bus di Arab Saudi, kita juga berangkatkan sekitar 180 pembimbing," jelas Rifky.


Dalam penerimaan penghargaan Muri itu turut hadir Menteri Agama 2001-2004, Said Agil Husin Al Munawar. Ia mengapresiasi pemecahan rekor tersebut dan kagum dengan pelaksanaannya.

"Ini rekor terbesar dalam sejarah yang saya ketahui. Saat Tawaf mengelilingi Kabah pasukan kita belum putus dari hotel, jadi jamaahnya semua dari Fatimah Zahra," jelas Said Agil.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed