detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 13:38 WIB

Panen Perdana, UNS Jalin Kerja Sama On Farm dengan Bulog

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Panen Perdana, UNS Jalin Kerja Sama On Farm dengan Bulog UNS panen perdana dan kerjasama dengan Bulog. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan panen perdana di lahan persawahan areal RS UNS. Selain panen, UNS juga menandatangani kerja sama on farm dengan Bulog.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, menegaskan kerja sama tersebut tidak sekadar dalam hal riset dan teknologi. Sawah UNS itu akan digarap dengan modal usaha dari perbankan, melibatkan kelompok tani dan hasil yang ditaksir mencapai 7 ton per hektare akan diserap oleh Bulog.

"Perguruan tinggu selalu mengembangkan teknik pertanian, termasuk bibit. Bibit unggul ini kalau tidak ditindaklanjuti di lapangan tidak ada manfaatnya," kata Budi Waseso di kawasan RS UNS, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Jumat (21/6/2019).

Menurutnya, perguruan tinggi juga berperan dalam melakukan penyuluhan terhadap petani, bagaimana menerapkan pola dan teknik pertanian yang benar. Harapannya, petani dapat semakin sejahtera.


"Dampaknya ke kesejahteraan petani, dengan menghasilkan padi berkualitas, tentu harga jadi lebih baik. Yang dulu panen 1 hektare dapat 6 ton, sekarang harapannya minimal 10 ton, berarti kan keuntungan lebih besar," ujarnya.

Buwas juga mengajak perbankan untuk turut bekerja sama dalam hal permodalan. Hal ini dilakukan agar petani tidak lagi terbelenggu dengan sistem ijon.

"Petani tidak perlu lagi khawatir dengan tengkulak. Dengan pembiayaan melalui perbankan, petani tidak lagi terbelenggu dengan sistem ijon," ujar dia.


Sementara itu Rektor UNS, Jamal Wiwoho, menyebut sawah tersebut memiliki luas 2 hektare. Sawah menghasilkan produk padi genjah varietas trisakti yang panen pada umur 75 hari dan padi Logawa Mas umur 110 hari.

"Padi ini memiliki kelebihan waktu panennya pendek, rasanya pulen dan tahan hama. Kerja sama dengan Bulog ini diharapkan bisa berperan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pangan di Indonesia," kata dia.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed