detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 18:51 WIB

Pasien RSJ Magelang Meninggal Dunia, Keluarga Lapor Polisi

Eko Susanto - detikNews
Pasien RSJ Magelang Meninggal Dunia, Keluarga Lapor Polisi Foto: Eko Susanto/detikcom
magelang - Seorang pasien RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, Rob Pendi (52), meninggal dunia. Karena melihat ada kejanggalan soal meninggalnya, keluarga pasien tidak terima dan melaporkan ke Polres Magelang Kota.

Keluarga pasien, Simsa Kristianto (23), mengatakan, pada Minggu (16/6/2019), mengetahui sakit yang diderita pamannya mulai kambuh. Ketika itu, saat keluar rumah ini, kemudian pamannya pulang membawa sampah. Untuk itu, Senin (17/6/2019), rencana akan dibawa menuju RSJ. Korban sendiri selama ini tinggal di Losmenan RT 01/RW 5, Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

"Senin sore pas pulang ditangkap di rumah, kemudian sekitar jam 5 baru tenang, lalu diikat tangan dan kakinya biar nggak berontak. Sampai jam 6 dibawa ke sana (RSJ)," kata Simsa saat ditemui di lokasi pemakaman umum Candi Nambangan, Kota Magelang, Kamis (20/6/2019).

Kondisinya saat dibawa ke rumah sakit, katanya, raganya sehat. Kemudian, pada, Rabu (19/6/2019), petugas Babinkamtibmas datang menemui Ketua RT yang memberitahukan Rob Pendi meninggal dunia.

"Soal meninggalnya, saya tahunya dari Babinkamtibmas Rabu siang datang ke Ketua RT ngabari kalau Mas Pendi sudah meninggal. Ya saya kaget, cuma pas hari Selasa malam bapak dan ibu dihubungi suruh ke sana (RSJ). Katanya Mas Pendi, kena sesak napas, padahal hari-hari biasa sesak jantung nggak pernah, sehat biasa nggak papa," katanya.

Kedua orang tuanya, katanya, sempat menungguinya dan baru pulang Rabu pagi. Setelah sampai di rumah cerita jika muka Rob Pendi lebam-lebam.

"Rabu pagi bapak pulang, sampai rumah cerita kalau muka bengep-bengep. Terus perute lebam. Meninggalnya Rabu siang, atas meninggalnya itu langsung ke Polres buat laporan," tuturnya.

Kasat Reskrim Polres Magelang Kota AKP Rinto Sutopo mengatakan, terkait dengan dugaan penganiayaan pasien RSJ, pada Rabu (19/6/2019), sore mendapat laporan dari seseorang. Dalam laporan tersebut jika adiknya yang dirawat di RSJ karena mengalami gangguan jiwa dirawat mulai, Senin (17/6/2019), kemudian pada Rabu, meninggal dunia.

"Saudaranya dikabari korban meninggal dunia, kemudian yang bersangkutan datang ke rumah sakit melihat jenazahnya. Saat itu, ternyata menemukan kejanggalan karena ada luka lebam di seputaran mata. Karena ada kejanggalan tersebut yang bersangkutan datang ke Polres Magelang Kota melaporkan," katanya.

"Dari laporan itu kemudian, kami tindak lanjuti, kami cek untuk jenazahnya dan dari hasil pemeriksaan luar ada luka lebam dilaporkan tersebut sehingga kami meminta bantuan dari Kedokteran Forensik RS Bhayangkara Polda Jawa Tengah untuk melakukan autopsi," tegas Rinto.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com