detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 16:39 WIB

Ma'ruf Amin: Kemenangan Pilpres Masih Menggantung

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Maruf Amin: Kemenangan Pilpres Masih Menggantung Ma'ruf Amin di Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Calon wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin, menyebut kemenangannya di Pilpres 2019 masih menggantung. Hal itu karena proses sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) belum rampung.

Hal itu diungkapkan Ma'ruf saat mengawali sambutan dalam Halal Bihalal PWNU Jawa Tengah di PO Hotel Semarang. Mustasyar PBNU tersebut menyebut hasil quick count dan hasil KPU sudah menyatakan pasalon nomor urut 01 yang menang, namun ternyata masih terasa menggantung.

"Quick count dinyatakan menang, oleh KPU dinyatakan menang, tapi masih menggantung, jadi bukan kawin saja yang digantung. Masih nunggu Mahkamah Konstitusi," kata Ma'ruf, Rabu (18/6/2019).


Ia kemudian mengungkapkan rasa syukur karena Pilpres berjalan damai. Meski demikian ia menyoroti sempat ada kerusuhan bulan Mei lalu namun bisa ditangani oleh Polri dan TNI.

"Kita bersyukur Pilpres berjalan aman, dengan damai. Walau beberapa waktu lalu ada sedikit saja, tapi TNI Polri dapat mengatasi kerusuhan yang tidak besar itu. Alhamdulillah kita bersyukur, negara tetap aman," jelasnya.

Di sesi wawancara, Ma'ruf menjelaskan terkait pernyataan kemenangan yang menggantung tadi. Menurutnya sudah sewajarnya taat pada aturan dan mengikutinya, tidak dengan menyelesaikan di jalanan.

"Kita taat asas bagaimana berpemilu seperti apa. Sekarang sudah masuk penyelesaian sengketa di Mahkamah Konstitusi, sudah sesuai aturan pemilu. Jangan diselesaikan di jalanan, itu sudah tepat," terang Ma'ruf.


Untuk diketahui, dalam pleno rekapitulasi hasil suara nasional Selasa (21/5) dini hari, KPU menetapkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.

Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 suara atau 55,50 persen dari total suara sah nasional, yakni 154.257.601 suara.

Sedangkan jumlah suara sah pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.



Simak juga video KPU Pertanyakan Kecamatan Siluman ke Saksi Prabowo:

[Gambas:Video 20detik]


(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed