Malioboro Jadi Lengang, Para Pedagang Manfaatkan untuk Kerja Bakti

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 18 Jun 2019 08:52 WIB
Para pedagang bersih-bersih di kawasan Malioboro (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta tampak lengang menyusul diberlakukannya uji coba semi pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor mulai pagi ini. Para pedagang memanfaatkannya untuk bersih-bersih.

Situasi lengang tersebut dimanfaatkan pada pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Malioboro dan Jalan Ahmad Yani untuk bekerja bakti. Mereka bersama-sama menyapu trotoar dan mengumpulkan sampah.


Pelaksanaan uji coba semi Pedestrian Malioboro memang berbarengan dengan program pemerintah kota yang meliburkan para PKL tiap Selasa Wage. Program tersebut dilaksanakan selapan atau tiap 35 hari sekali.
Malioboro Jadi Lengang, Para Pedagang Manfaatkan untuk Kerja BaktiPara pedagang bersih-bersih di kawasan Malioboro (Foto: Usman Hadi/detikcom)

"Karena ini (PKL libur) programnya kota. Kita dengan kota juga punya program (uji coba semi Pedestrian Malioboro), kenapa kita tidak bersama-sama," jelas Kepala Dishub Daerah Istimewa Yogyakarta, Sigit Sapto Raharjo, di sela uji coba semi Pedestrian Malioboro di Kantor Kepatihan Yogyakarta, Selasa (18/6/2019).


Sigit menerangkan, pihaknya memang sengaja melakukan uji coba semi Pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor saat PKL diliburkan. Tujuannya agar semi Pedestrian Malioboro diberikan waktu istirahat.

"Setiap Selasa Wage toko nggak libur, hanya PKL libur diganti dengan bersih-bersih. Istilahnya Pak Wali Kota (Haryadi Suyuti) supaya Malioboro juga diberikan waktu istirahat," pungkas Sigit.


Malioboro Jadi Lengang, Para Pedagang Manfaatkan untuk Kerja Bakti
(ush/mbr)