detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 08:25 WIB

Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro, Dishub Berlakukan Buka Tutup

Usman Hadi - detikNews
Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro, Dishub Berlakukan Buka Tutup Uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Uji coba semi Pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor resmi dilaksanakan pagi ini. Untuk mengurai kemacetan, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) telah menyiapkan opsi buka tutup jalan.

"Tidak menutup kemungkinan apabila nanti di sore ada kepadatan-kepadatan, istilahnya diskresi (Malioboro) bisa dibuka, tapi nanti ditutup lagi. Karena ini masih uji coba," ujar Kepala Dishub DIY, Sigit Sapto Raharjo.

Hal itu disampaikan Sigit kepada wartawan dalam uji coba semi Pedestrian Malioboro di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (18/6/2019). Turut hadir saat uji coba Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Sigit mengatakan, dalam uji coba ini pihaknya tidak mengubah arah jalan di sekitar kawasan semi Pedestrian Malioboro. Hanya saja pihak Dishub menutup Jalan Malioboro dari sisi utara.

"Kita hanya menutup Jalan Malioboro. Jalan Bhayangkara tetap seperti semula, Jalan Mataram juga tetap dua arah," katanya.


Pihak Dishub, lanjut Sigit, juga tidak mengubah keseluruhan sirip-sirip semi Pedestrian Malioboro. Hanya sirip-sirip tertentu yang diatur ulang oleh petugas Dishub dan aparat kepolisian.

"Seperti biasa, kita tidak mengubah (sirip) apapun. Hanya yang Jalan Suryatmajan ini bisa langsung ke barat (Pajeksan). Kemudian Sosrowijayan bisa dari barat ke timur," tuturnya.
Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro, Dishub Berlakukan Buka TutupSigit Sapto Raharjo (Foto: Usman Hadi/detikcom)


Sementara untuk sirip Malioboro seperti Jalan Perwakilan, Jalan Pabringan dan Jalan Reksobayan tidak mengalami perubahan. Pihak Dishub hanya memberlakukan sistem buka tutup jalan.

"Kalau Anda melihat nanti dari sana (Sosrowijayan ke selatan) masih ada kendaraan bermotor, yang di depan Malioboro Mall masih bisa lewat lewat gang kecil ke barat (Jalan Dagen)," katanya.

"Kemudian jalan ke Gedung Agung (Jalan Pabringan dan Jalan Reksobayan) kita berlakukan buka tutup jalan apabila ada suatu kegiatan di Gedung Agung atau di Polresta, situasional lah nanti," pungkas Sigit.
(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com