detikNews
Senin 17 Juni 2019, 14:39 WIB

Sultan Akan Pantau Uji Coba Pembatasan Kendaraan di Malioboro Besok

Usman Hadi - detikNews
Sultan Akan Pantau Uji Coba Pembatasan Kendaraan di Malioboro Besok Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, akan memantau langsung uji coba semi Pedestrian Malioboro pada 18 Juni 2019 besok.

"Saya coba... nanti mau lihat (uji coba semi Pedestrian Malioboro)," ujar Sultan kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (17/6/2019).

Seperti diketahui, Pemkot Yogyakarta dan Pemda DIY akan melakukan uji coba semi Pedestrian Malioboro besok. Dalam uji coba tersebut akan ada pembatasan kendaraan bermotor di kawasan itu.

Sultan menyatakan sepakat apabila Malioboro dijadikan kawasan semi pedestrian. Namun ia mengingatkan bahwa rencana uji coba tersebut harus dijalankan fleksibel sesuai situasi dan kondisi yang ada di lapangan.


"Asal pengertian (kendaraan bermotor) tidak boleh (melintas) itu bukan sak klek semua tidak boleh masuk (Malioboro). Makanya perlu didiskusikan," jelasnya.

Selain rekayasa lalu lintas di kawasan Malioboro, Sultan juga menekankan pentingnya kantong parkir untuk pengunjung. Untuk itu Pemda DIY sudah mencoba mengoptimalkan kantong-kantong parkir yang tersedia.


"(Misalnya eks) UPN, tapi belum keluar izinnya," pungkas Sultan.

Diberitakan sebelumnya, uji coba semi Pedestrian Malioboro akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2019 dari pukul 06.00-21.00 WIB. Dalam uji coba tersebut akan ada rekayasa lalu lintas di Kawasan Malioboro.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com