detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 16:43 WIB

Pemudik Keluhkan Harga Tiket Bus di Kudus Masih Tinggi

Akrom Hazami - detikNews
Pemudik Keluhkan Harga Tiket Bus di Kudus Masih Tinggi Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Para pemudik di Kudus, Jawa Tengah hari ini masih banyak yang mudik ke tempat bekerja atau merantau di Jakarta dan sekitarnya. Namun harga tiket yang mahal dikeluhkan para pemudik.

Harga tiket bus naik dua kali lipat. Akibatnya banyak pemudik yang protes kenaikan harga tiket bus di Terminal Induk Jati, Jumat (14/6/2019). Harga tiket naik dua kali lipat dari tarif biasa.

Semedi Djoko Lelono (57) pemudik dari Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, mengeluhkan tarif bus dari Kudus ke Terminal Pulo Gebang Jakarta.

"Tarif tuslahnya tinggi sekali. Dari Kudus ke Terminal Pulo Gebang Rp 400 ribu lebih. Tarifnya naik dua kali lipat dari biasa," keluhnya di hadapan wartawan di Jalan Masjid Agung Kudus, Jumat.

Menurutnya, tarif tersebut terlalu tinggi mengingat saat ini masa libur Lebaran telah lewat. Dia mengaku saat mudik dari Jakarta ke Kudus menggunakan moda transportasi bus hanya Rp 200 ribu.

"Masak tarifnya ini bukannya sama, atau naik yang wajar. Malah naiknya tinggi sekali. Saya keberatan dengan nilai tarif yang sekarang," ujar dia.

Dia tadi sempat mengutarakan keberatannya kepada petugas terminal soal harga tarif bus yang naik tersebut. Namun dia mendapat jawaban jika tarif bus memang masih tinggi.

"Kalau tetap masih tinggi harga tiket bus, kami terpaksa menunda perjalanan arus balik. Padahal Senin (17/6) saya harus mendaftarkan anak sekolah," keluh dia.

Mohammad Daffa, pemudik lain juga mengeluhkan tingginya tarif bus untuk perjalann arus balik.

"Mahal sekali harga tiketnya," kata pemuda yang berniat mendaftarkan diri sesegera mungkin di salah satu universitas negeri di Jakarta jurusan olahraga ini.

Salah satu penumpang Sutejo mengatakan, harga tiket bus jurusan Bandung-Jakarta masih mahal.

"Tadi saya beli harga tiket jurusan Bandung harganya Rp 336 ribu, kemudian jurusan Jakarta harganya Rp 440 ribu. Itu masih mengalami kenaikan apabila dibanding hari biasa," kata Sutejo.

Sutejo menjelaskan harga tiket di hari biasa tidak sampai begitu. Biasanya harga tiket untuk jurusan Bandung dan Jakarta sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu.

Salah satu petugas agen tiket di terminal tipe A Jati Kudus, Busiri mengatakan harga tiket bus jurusan Jakarta dan Bandung tinggi. Harga tiket capai Rp 430 ribu hingga Rp 450 ribu.

"Harga normalnya ada yang Rp 195 ribu itu tujuan tidak di sampai kota. Sedangkan sampai kotanya itu harga tiketnya Rp 220 ribu. Itu harga hari biasa," tambahnya.
(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed