detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 19:37 WIB

IPL Jalur Kereta Bandara YIA Sudah Ditandatangani Sultan HB X

Usman Hadi - detikNews
IPL Jalur Kereta Bandara YIA Sudah Ditandatangani Sultan HB X Bandara Internasional Yogyakarta (Foto: Ristu Hanafi)
Yogyakarta - Rencana pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo memasuki babak baru. Izin penetapan lokasi (IPL) proyek tersebut telah ditandatangani Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

"Iya (IPL terbit hari ini), ada di meja saya dan sudah ditandatangani (Sultan)," kata Sekretaris Daerah DIY, Gatot Saptadi, saat ditemui wartawan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (13/6/2019).

Gatot mengakui penerbitan IPL kereta bendara molor dari target yang dipatok pemerintah. Mulanya Pemerintah Daerah optimis dokumen IPL kelar pada Bulan Mei, namun karena ada beberapa kendala akhirnya molor.

"Dulu janji saya kan (IPL selesai) Mei, tapi ternyata banyak kendala yang harus diselesaikan termasuk yang saya sampaikan, di lapangan masih ada satu-dua yang belum setuju, setelah ada pendekatan ya setuju," sebutnya.


Dengan rampungnya IPL tersebut maka bidang-bidang tanah yang akan digunakan untuk pembangunan jalur kereta api bandara di Kulon Progo sudah jelas. Kini bidang-bidang tanah tersebut tinggal menunggu pembebasan.

"Itu (bidang-bidang tanah) yang menjadi bahan eksekusi untuk dibebaskan. Ya tugas tim BPN (Badan Pertahanan Nasional) dan Kementerian Perhubungan," tuturnya.

Setelah ini, lanjut Gatot, pemerintah pusat akan melakukan sosialisasi kepada warga terdampak pembangunan jalur kereta bandara. Usai sosialisasi akan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan.


Saat ditanya kapan pembangunan proyek kereta bandara dimulai, Gatot memilih bungkam. Ia beralasan wewenang pembangunan berada di tangan pemerintah pusat bukan pemerintah daerah.

"Kalau harapan Pemda ya secepatnya. Kan sudah ditunggu-tunggu ya, kemarin kita ngejar bandaranya, sekarang dalam progres untuk penyelesaian. Semestinya sarana dan prasarana pendukung bandara ya mengikuti," tutupnya.
(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed