DetikNews
Kamis 13 Juni 2019, 14:30 WIB

Angka Pernikahan di Wonogiri Usai Lebaran Melonjak 4 Kali Lipat

Aris Arianto - detikNews
Angka Pernikahan di Wonogiri Usai Lebaran Melonjak 4 Kali Lipat Suasana pendaftaran pernikahan di KUA Kecamatan Wonogiri. Foto: Aris Arianto/detikcom
Wonogiri - Pasca Lebaran 2019, angka pernikahan di Wonogiri melonjak hingga 4 kali lipat. Masyarakat menganggap Bulan Syawal merupakan momen baik melangsungkan pernikahan.

"Jika dibandingkan bulan biasa, pada Syawal atau setelah Lebaran, angka pernikahan naik cukup drastis, bisa mencapai 4 kali lipat," ungkap Kasi Binmas Islam Kantor Kemenag Wonogiri, Noor Syahid kepada detikcom di ruangannya, Kamis (13/6/2019).

Menurut Noor pada bulan biasa, hanya sekitar 200-an pasangan menikah. Namun di Syawal ini bisa mencapai 800-an pasangan melangsungkan perkawinan. Mereka tersebar di 25 kecamatan yang ada di Wonogiri.



Noor menyebutkan, masyarakat Wonogiri masih memegang teguh penentuan hari baik dan bulan baik saat menentukan pernikahan. Bulan Syawal dianggap sebagai bulan baik. Kondisi ini berlangsung sejak lama dan telah menjadi tradisi di Kota Mete.

"Penghulu harus bekerja ekstra keras melayani permintaan menikah. Tapi Alhamdulillah bisa terlayani semua," tutur Noor.

Kepala KUA Kecamatan Wonogiri Kota, Andi Firmansyah menambahkan, pernikahan yang tercatat pada Mei adalah 16. Sedangkan setelah Lebaran yang masuk bulan Juni sementara ini sudah ada 45 pernikahan.


Salah satu pasangan yang baru saja menikah, Didi-Isna mengaku memilih ke pelaminan pada bulan Syawal atau setelah Lebaran. Selain sesuai dengan perhitungan Jawa, setelah Lebaran masih banyak keluarga yang berkumpul di kampung halaman.

"Mumpung banyak family masih mudik, ya dimanfaatkan sekalian untuk menikah," kata Didi diamini Isna.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed