detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 12:22 WIB

Seperempat Penduduk Wonogiri Pergi Merantau

Aris Arianto - detikNews
Seperempat Penduduk Wonogiri Pergi Merantau Ilustrasi. Suasana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta saat arus balik Lebaran 2019. Foto: Grandyos Zafna
Wonogiri - Libur Lebaran telah usai, ramai-ramai warga Wonogiri pergi merantau. Dinas Tenaga Kerja Wonogiri mengungkap saat ini seperempat penduduk di wilayah ini pergi merantau.

"Jumlah perantau Wonogiri saat ini sekitar 260 ribu jiwa atau 25 persen dari total penduduk yang lebih dari 1 juta jiwa," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Wonogiri, Ristanti kepada detikcom di ruang kerjanya, Rabu (12/6/2019).

Pada masa usai Lebaran seperti saat ini, jumlah pemohon AK 1 atau kartu pencari kerja meningkat hingga hampir dua kali lipat. Jika pada hari biasa ada 2-30 orang pemohon per hari, maka saat ini ada 40-50 orang pemohon yang datang tiap harinya.


"Sebagian besar pemohon, ya lebih dari 90 persen atau sekitar 40 orang per harinya, membutuhkan kartu AK 1 untuk mencari pekerjaan di perantauan," jelas Ristanti.

Sementara sebagian besar perantau menurut Ristanti, berada di kawasan Jabodetabek. Mereka ada yang bekerja di sektor formal seperti menjadi karyawan pabrik, ASN, militer, atau karyawan BUMN. Sebagian memilih bekerja di sektor informal.


Para perantau baru, khususnya yang baru lulus sekolah memilih bekerja di sektor formal. Daerah menjadi tujuan utama, yakni Cikarang Bekasi dan Tangerang Banten. Alasannya wilayah tersebut merupakan kawasan industri sehingga berharap ada peluang kerja lebih terbuka.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed