detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 12:09 WIB

Ternyata Ini Sebabnya Bakso dan Mie Ayam Wonogiri Ada di Mana-mana

Aris Arianto - detikNews
Ternyata Ini Sebabnya Bakso dan Mie Ayam Wonogiri Ada di Mana-mana Ilustrasi. Suasana di Stasiun Senen, Jakarta. Foto: Grandyos Zafna
Wonogiri - Bakso dan mie ayam Wonogiri barangkali memang ada di mana-mana. Dinas Tenaga Kerja Wonogiri punya penjelasannya.

"Sebagian memilih bekerja di sektor informal, paling banyak berbisnis kuliner seperti berjualan bakso, mie ayam, ayam panggang, dan sejenisnya," Kepala Dinas Tenaga Kerja Wonogiri, Ristanti kepada detikcom di ruang kerjanya, Rabu (12/6/2019).

"Makanya Wonogiri menjadi jaminan brand bakso maupun mie ayam di daerah lain," imbuhnya.

Sebagian besar perantau dari Wonogiri, menurut Ristanti berada di kawasan Jabodetabek. Tak hanya bekerja di sektor informal, ada yang bekerja di sektor formal seperti menjadi karyawan pabrik, ASN, militer, atau karyawan BUMN.


Ristanti mengatakan jumlah perantau akan meningkat pada masa usai libur Lebaran seperti saat ini.

Jika pada hari biasa ada 20-30 pemohon kartu AK 1 atau kartu pencari kerja, maka usai Lebaran pemohon meningkat jadi 40-50 orang per hari.

"Peningkatan ini terus terjadi pasca Lebaran. Sebagian besar pemohon, ya lebih dari 90 persen atau sekitar 40 orang per harinya, membutuhkan kartu AK 1 untuk mencari pekerjaan di perantauan," jelas Ristanti.



Tonton video Ada Mie Ayam Enak Nih Dekat Stasiun Sudirman!:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed