H+5 Lebaran, Makam Sunan Kudus Dipadati Peziarah

Akrom Hazami - detikNews
Senin, 10 Jun 2019 16:58 WIB
Peziarah yang memasuki kompleks makam Sunan Kudus. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Peziarah yang memasuki kompleks makam Sunan Kudus. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Geliat peziarah di Makam Sunan Kudus, mulai tampak hari ini. Para peziarah datang dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar kota.

"Pengunjung mulai 1 Syawal sampai ke 6 ini ramai. Banyak orang ziarah, mulai dari Kudus, dan luar pulau bahkan ada dari Jakarta," kata Pengatur Ziarah Makam Sunan Kudus Busro Latif di kompleks Makam Sunan Kudus, Senin (10/6).

Busro menjelaskan para peziarah ada yang datang karena melintas di Kudus di perjalanan mudik, atau ada yang sengaja datang ke Kudus untuk berziarah.

"Karena ada sebagaian pas mudik, ziarah pas memang dari rumah ziarah ke Sunan Kudus," terangnya.

Pantauan detikcom siang ini, tampak antrean peziarah yang akan memasuki Makam Sunan Kudus.

Suasana kompleks makam Sunan Kudus. Suasana kompleks makam Sunan Kudus. Foto: Akrom Hazami/detikcom

Usai berwudu di bagian pintu depan makam, mereka melepas alas kaki. Kemudian meletakkan alas kaki di dalam tas keresek, atau diletakkan di beberapa sudut kompleks makam.

Seorang peziarah asal Kabupaten Demak, Sukardi mengatakan dia memang sengaja memanfaatkan momen awal Syawal bersama rombongan untuk ziarah di Makam Sunan Kudus. Hal itu merupakan agenda rutinnya.


"Memang rutin melakukan ziarah ke Makam Sunan Kudus. Sebelumnya ziarah di Makam Sunan Kalijaga, kemudian di Makam Sunan Kudus, baru nanti di Makam Sunan Muria," kata Sukardi membeberkan rencana perjalanan ziarahnya.

Agus Subekti peziarah lain asal Singosari, Malang Jawa Timur, mengaku dia bersama dengan rombongan sengaja ziarah ke makam Wali Songo.

"Mulai dari Makam Sunan Ampel, Sunan Giri, hingga ini sampai di Sunan Kudus. Nanti masih ada rencana ziarah di Makam Sunan Kalijaga," ujar Agus di lokasi.

"Ya mendokan para wali, semoga mendapatkan berkah dari ziarah ini," harap Agus. (sip/sip)