detikNews
Senin 10 Juni 2019, 16:07 WIB

15 ASN Boyolali Tak Masuk Kerja, 4 Diantaranya Membolos

Ragil Ajiyanto - detikNews
15 ASN Boyolali Tak Masuk Kerja, 4 Diantaranya Membolos Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Sebanyak 15 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Boyolali, tak masuk kerja di hari pertama usai libur Lebaran. Empat ASN diantaranya tanpa keterangan alias membolos.

Di hari pertama masuk kerja setelah libur Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Boyolali melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKD2D) bersama Inspektorat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sidak dilakukan untuk mengecek tingkat kehadiran para abdi negara tersebut.

Hasil Sidak diketahui sebanyak 15 ASN tidak masuk kerja. Rinciannya, 6 orang tidak masuk karena sakit, 2 orang karena cuti tahunan, 2 orang cuti melahirkan dan satu orang cuti besar. Selain itu juga ada 4 ASN yang tidak masuk tanpa keterangan atau membolos.

"Itu hasil Sidak oleh Inspektorat dan BKP2D," ungkap Kepala BKD2D, Agus Santoso, kepada detikcom, Senin (10/6/2019).

Namun pihaknya tak menyebutkan, yang membolos tersebut ASN dari OPD mana. Dalam Sidak tersebut, tim mendatangi setiap OPD dari Setda, Badan, Dinas hingga Kecamatan. sebanyak 22 Kecamatan di Boyolali didatangi semuanya.

Hasil Sidak selanjutnya akan dilaporkan ke Sekda dan Bupati Boyolali. Agus menyatakan, bagi ASN yang tidak masuk kerja tanpa keterangan tersebut akan dikenakan sanksi.

"Yang tidak masuk tanpa alasan atau membolos, tetap kita lakukan pembinaan dan penjatuhan disiplin ASN," jelasnya.

Pemberian sanksi dilakukan sesuai tingkat pelanggarannya.

"Pembinaan secara berjenjang dan akan kami pantau," tandas Agus.

Pihaknya mengimbau kepada para ASN, agar kembali masuk kerja seperti biasanya usai libur Lebaran, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Mereka juga harus kembali bekerja sesuai tupoksi masing-masing.

Kepala Bidang Penataan dan Pengembangan Karier BKP2D Boyolali, Dono Fembriarto, menjelaskan ada 9 tim gabungan yang melakukan Sidak hari ini. Sidak dilakukan merata ke seluruh OPD, dari tingkat Sekretariat Daerah (Setda), Badan, Dinas, Kantor hingga Kecamatan.

"Jadi hari ini kami agendanya untuk mengecek kehadiran dari setiap ASN agar OPD sudah berjalan seperti biasa hari ini. Ini ada 9 tim. Kami melakukan Sidak mulai dari Badan, Dinas, Setda, semua rata hingga kecamatan Juwangi. Ada 22 kecamatan semua akan kami kunjungi," imbuh dia.



Tonton video Pegawai Pemprov Jambi Lari-larian Gegara Telat Upacara:

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed