detikNews
Senin 10 Juni 2019, 15:42 WIB

Ini Hasil Sidak Bupati Bantul dan ORI di Kantor Layanan Umum

Pradito Rida Pertana - detikNews
Ini Hasil Sidak Bupati Bantul dan ORI di Kantor Layanan Umum Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Bupati Bantul, Suharsono dan ORI DIY melakukan inspeksi di sejumah kantor pelayanan publik. Hal dilakukan untuk memastikan pelayanan publik berjalan lancar pasca libur lebaran.

Hasilnya belum ada temuan yang menonjo terutama Aparatur Sipil Negar (ASN) yang membolos atau tidak masuk kerja serta kantor pelayanan umum yang terganggu.

"Setelah halal bihalal tadi saya langsung keliling, saya cek, saya sidak ke OPD yang melayani masyarakat khususnya. Karena libur lebaran sudah selesai, dan tugas kita kan melayani, bukan minta untuk dilayani," kata Bupati Kabupaten Bantul, Suharsono saat ditemui di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul, Senin (10/6/2019).

Suharsono mengatakan, instansi dan OPD yang telah ia sidak antara lain RSUD Panembahan Senopati Bantul, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Bantul dan Disdukcapil Kabupaten Bantul.
Kantor Samsat BantulKantor Samsat Bantul Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Hasil sidak di tiga tempat tadi semua ASN-nya masuk dan untuk layanan publik berjalan lancar," kata Bupati Kabupaten Bantul, Suharsono saat ditemui di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul, Senin (10/6/2019).

Selain melakukan sidak, Suharsono juga melakukan pencocokan data terkait ASN yang kerap tidak masuk kerja di sejumlah OPD. Menurutnya, hal itu untuk mengambil tindakan tegas apabila yang bersangkutan masih sering izin tanpa alasan yang jelas.

"Saya ada file tahun kemarin, itu untuk mencocokkan (ASN) yang keset (malas) itu-itu saja nggak, kalau masih keset ya jelas saya panggil. Misal ada yang izin sehari dua hari diperingatkan saja, tapi kalau ada yang izin sekian hari akan saya panggil. Tapi ini tadi (ASN) masuk semua," katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bantul, Bambang Purwadi mengatakan Disdukcapil Bantul sebelumnya telah membuka pelayanan dari tanggal 3,4,7 dan 8 Juni. Meski diakuinya pelayanan pada tanggal tersebut hanya berlangsung dari jam 8-11 pagi.

"Karena sebelumnya sudah membuka layanan, jadi alhamdulillah ASN di Disdukcapil Bantul hari ini masuk semua. Untuk pelayanan yang paling ramai hari ini seperti pembuatan akte kelahiran, akte kematian, legalisir dan pindah kependudukan," ucapnya.

Sementara itu sidak yang dilakukan ORI DIY di Kabupaten Bantul di sejumlah kantor pelayanan umum tidak mendapat temuan yang berarti.

"Dari sisi kehadiran, semua ASN di Kantor Samsat hadir dan untuk layanan juga sudah mulai normal," ujar Kepala ORI perwakilan DIY, Budhi Masthuri saat ditemui di Kantor Samsat Kabupaten Bantul, Senin (10/6/2019).

Menurut Budhi, saat berada Disdukcapil Sleman, ada beberapa ASN tampak tidak berada di Kantor, padahal saat itu kegiatan pelayanan publik tengah berlangsung.

"Saat ke Disdukcapil Sleman tadi Kepalanya (Disdukcapil Sleman) tidak ada di tempat dan sebagian ruangan pejabat eselon kosong meski layanan berjalan," katanya.

"Hal itu sudah kami konfirmasi ke salah satu pegawai (Disdukcapil Sleman) dan jawabannya mereka sedang syawalan di Kantor Bupati (Sleman). Kendati demikian, hal itu tetap kita masukkan ke dalam temuan," imbuh Budhi.



Tonton video Usai Libur Lebaran, Walkot Kendari Sidak ASN:

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com