detikNews
Senin 10 Juni 2019, 14:34 WIB

360 Desa di Jawa Tengah Berpontensi Alami Kekeringan Tahun Ini

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
360 Desa di Jawa Tengah Berpontensi Alami Kekeringan Tahun Ini Ilustrasi kekeringan di Wonogiri tahun 2017 (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Semarang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng memetakan setidaknya 360 desa/kelurahan yang berada di 31 dari 35 Kabupaten Daerah berpotensi kekeringan di musim kemarau tahun ini.

Kepala BPBD Jateng, Sudaryanto, mengatakan kekeringan pada bulan ini belum terlalu dirasakan dampak besarnya di Jawa Tengah. Namun dengan kondisi cuaca saat ini, setidaknya dipetakan beberapa daerah berpotensi kekeringan.

"Perlu diwaspadai seperti Wonogiri, sebagian Kebumen, Purworejo, Temanggung, Blora, Grobogan, dan sebagainya," kata Sudaryanto kepada detikcom, Senin (10/6/2019).


Dari data BPBD Jateng, ada 4 daerah yang diprediksi tidak terkena dampak kekeringan yaitu Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kota Salatiga, dan Kota Magelang. Sedangkan di 31 daerah yang terdampak diprediksi tidak merata namun setidaknya ada 360 Desa/Kelurahan yang akan terkena dampaknya.

Meski demikian, menurut Sudaryanto, tingkat kekeringan yang bakal terjadi di daerah yang dipetakan itu belum tentu parah karena terkadang masih ada daerah yang diguyur hujan. Selain itu musim hujan juga diprediksi sudah masuk pada bulan November.


"Ya belum tentu (kekeringan parah) juga. Sekarang pun masih ada hujan di beberapa wilayah, semoga (kemarau) tidak terlalu parah. Akhir Nopember sudah musim hujan lagi," jelasnya.



Tonton juga video Musim Hujan, Ratusan Hektare Sawah di Subang Kekeringan:

[Gambas:Video 20detik]


(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed