Rest Area Tol Pejagan-Pemalang Tak Mampu Tampung Kendaraan Pemudik

Imam Suripto - detikNews
Minggu, 09 Jun 2019 18:45 WIB
Rest area tol Pejagan-Pemalang (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Minat warga menggunakan jalur tol Trans Jawa saat mudik dan balik lebaran, menyebabkan sejumlah rest area penuh. Tempat istirahat di dalam tol ini bahkan tidak mampu menampung banyaknya kendaraan pemudik.

Kepala Cabang Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR), Ian Dwinanto, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dijelaskan, semua rest area yang masuk zona one way penuh dengan kendaraan pemudik yang akan beristirahat.

"Ada 22 rest area dari Kalikangkung Kendal sampai Cikampek. Namun di ruas Pejagan-Pemalang yang paling penuh hingga overload," kata Ian Dwinanto, Minggu (9/6/2019).


Menurut Ian, bahkan banyak pemudik yang menggunakan bahu jalan tol untuk beristirahat karena tidak kebagian tempat di rest area. Sejumlah petugas PPTR juga telah dikerahkan untuk mengerahkan pemudik agar tidak menggunakan bahu jalan tol.
Rest Area Tol Pejagan-Pemalang Tak Mampu Tampung Kendaraan PemudikRest area tol Pejagan-Pemalang (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Mereka diarahkan berisitirahat di rest area berikutnya. "Banyak yang menolak dan tetap ngeyel (nekat). Mungkin karena rest area di Pejagan-Pemalang ini adalah titik lelah," sambungnya.


Sebelumnya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan akan melihat langsung masalah tersebut di lapangan. Kalau memang diperlukan akan dilakukan pengembangan di sejumlah rest area.

"Insyaallah dalam satu tahun ini akan dibuat yang lebih bagus agar lebih lancar," terang Menhub. (mbr/mbr)