detikNews
Sabtu 08 Juni 2019, 15:28 WIB

Jokowi Sekeluarga ke Pasar Beringharjo Yogya Borong Batik

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jokowi Sekeluarga ke Pasar Beringharjo Yogya Borong Batik Jokowi saat meninggalkan Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Presiden RI Joko Widodo dan beberapa anggota keluarganya mengunjungi Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta hari ini. Jokowi membeli batik, termasuk beberapa pakaian batik untuk cucu-cucunya.

Setibanya di Pasar Beringharjo, Jokowi dan keluarga langsung masuk ke dalam Pasar. Dengan mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan celana panjang warna hitam, Jokowi bersama Iriana Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda dan cucunya Jan Ethes menuju los 5 Pasar Beringharjo.

Di los khusus penjual pakaian batik itu, Jokowi sekeluarga tampak memilih beberapa pakaian batik untuk cucunya. Setelah membeli beberapa potong pakaian batik, orang nomor satu di Indonesia itu keluar dari Pasar Beringharjo sembari menyalami para pedagang dan melayani warga yang ingin berswafoto dengannya.

Salah seorang pedagang pakaian batik di los 5 Pasar Beringharjo, Nirmalawati (55) mengatakan, bahwa Jokowi beserta keluarga tiba di los 5 sekitar jam 12 siang. Menurut Nirmalawati, sesampainya di los tersebut keluarga Jokowi mendatangi beberapa kios pedagang, khususnya kios miliknya.

"Tadi mantunya (Selvi) dan bu Iriana ke sini (kios Nirmalawati) beli daster batik 1 (potong), yang milihin mantunya tadi," ujarnya saat ditemui detikcom di kiosnya yang berada di los 5 Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Sabtu (8/6/2019).

Jokowi Sekeluarga ke Pasar Beringharjo Yogya Borong BatikJokowi saat membeli piyama motif batik untuk anak-anak di salah satu kios Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Warga Langenastran Lor, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton ini melanjutkan, bahwa ia tidak menyangka keluarga Jokowi membeli daster di kiosnya. Selain itu, saat membeli daster, keduanya tidak melakukan penawaran harga.

"Harga daster yang dibeli tadi Rp 35 ribu dan dibayar pakai uang Rp 50 ribu. Terus setelah membayar tadi uang kembaliannya tidak diambil," katanya.

Nirmalawati menambahkan, ia merasa sangat saat Jokowi beserta keluarganya membeli pakaian di kiosnya. Tak hanya itu, ia juga merasa beruntung bisa bersalaman dengan Jokowi.


"Ya rasanya senang to, Mas. Tadi saya juga bisa salaman sama Pak Jokowi dan orangnya baik. Tapi pas salaman tidak ngobrol apa-apa," ucapnya.

Tak hanya itu, usai membeli satu potong daster di kios Nirmalawati, ternyata Iriana dan Selvi menyambangi pedagang lain yang berada di los 5 Pasar Beringharjo. Bahkan, keduanya membeli 6 potong pakaian anak motif batik di lapak milik salah seorang pedagang bernama Yuli.

"Tadi Bu Iriana sama mantunya (Selvi) beli 6 potong pakaian anak yang terdiri dari 3 dress anak-anak, 2 hem batik anak-anak dan 1 stel kaus batik," kata salah seorang pedagang pakaian batik di los 5 Pasar Beringharjo, Yuli (32) saat ditemui detikcom.

"Untuk harganya tadi, 6 potong pakaian itu harganya Rp 200 ribu, karena 3 potong pakaian harganya 100 ribu. Tadi pas beli juga tidak menawar dan langsung dibayar," imbuh Yuli.

Menurut Yuli, kedatangan keluarga Jokowi ke lapaknya menjadi berkah tersendiri, mengingat ia baru mulai menggelar lapaknya hari ini. Terlebih, di hari pertamanya berdagang mendapat konsumen keluarga Jokowi.

"Jadi saya itu hanya menumpang, karena yang punya kios masih belum buka terus sama dia boleh saya pakai sementara. Hari ini juga hari pertama saya berdagang dan sudah dilarisi keluarga Pak Jokowi, senenglah pokoknya," ucapnya sembari melipat pakaian batik dagangannya.

Tidak hanya Iriana dan Selvi saja yang berbelanja, ternyata Jokowi ikut membelikan 2 stel baju piyama batik untuk anak-anak. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang pedagang di los 5 Pasar Beringharjo, Keni (29).

"Pak Jokowi tadi ke sini (kiosnya) dan beli baju piyama anak 2 stel, 1 stel baju piyama untuk anak laki-laki dan 1 stel baju piyama untuk perempuan. Untuk harganya, 2 stel tadi harganya Rp 50 ribu dan dibayar pak Jokowi Rp 100 ribu tanpa menawar," ujarnya.

"Terus uang kembaliannya untuk saya," sambung Keni.

Warga Cebongan, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman ini mengaku tidak sempat mengobrol dengan Jokowi.

"Tadi nggak sempat ngobrol karena grogi, tapi groginya campur senang," ucapnya.



Lihat video Hangatnya Kebersamaan Jokowi-Jan Ethes Sedot Perhatian Warga Yogya:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com