detikNews
Jumat 07 Juni 2019, 18:12 WIB

Ke Keraton Jokowi Bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Sultan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Ke Keraton Jokowi Bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Sultan Foto: (Foto: Muchlis Jr - Biro Sekretariat Presiden)
Yogyakarta - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) beserta keluarga melakukan pertemuan tertutup selama 30 menit dengan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Pertemuan itu ternyata hanya sebatas silaturahmi.

Kunjungan Jokowi ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat didampingi Iriana Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes. Sultan saat menerima kunjungi didampingi permaisuri GKR Hemas, bersama anak, menantu dan cucu. Pertemuan selama 30 menit itu berlangsung di Gedhong Jene.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) DIY, Ditya Nanaryo Aji mengatakan, pertemuan antara Jokowi dan Sri Sultan HB X di Gedong Jene tadi siang bersifat tertutup. Bahkan, perwakilan dari Sekretariat Negara (Setneg) dan Humas Pemda DIY tidak ada yang diperbolehkan masuk ke ruang pertemuan tersebut.

"Hanya silaturahmi, jadi pPk Jokowi berkunjung ke Yogyakarta dan sekaligus silaturahmi dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X," ujarnya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (7/6/2019) sore.

"Kalau detailnya (perbincangan) seperti apa, kurang tahu karena sifatnya (pertemuan) tertutup, dari Sekretariat Presiden pun tidak masuk juga (ke Gedong Jene). Jadi tertutup, semuanya baik Humas dari Pemda dan Setneg posisinya di luar (Gedong Jene)," imbuh Ditya.

Ditya menjelaskan, dalam pertemuan tersebut hanya melibatkan keluarga Jokowi dan keluarga Sultan. Adapun keluarga dari Jokowi terdiri dari Jokowi, Iriana Joko Widodo dan cucunya Jan Ethes. Sedangkan dari pihak Kraton yang menemui Jokowi adalah Sri Sultan HB X, GKR Hemas, semua anak Sultan, para mantu dan cucu-cucu Sultan.

Kendati tidak mengetahui secara detail perbincangan antara keluarga Jokowi dan Sultan, Ditya menyebut keduanya tidak membahas hal-hal yang bersifat penting. Hal itu mengacu pada durasi pertemuan antara Jokowi dan Sultan.

"Waktunya (pertemuan) kan tidak lama, hanya sekitar 30 menit, jadi mungkin yang dibahas bukan (hal) yang berat-berat, mungkin hanya ramah tamah biasa," kata Ditya.



Hangatnya Kebersamaan Jokowi-Jan Ethes Sedot Perhatian Warga Yogya:

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed