detikNews
Rabu 05 Juni 2019, 16:42 WIB

Ini Pesan Idul Fitri Buya Syafii Kepada Warga Muhammadiyah

Ristu Hanafi - detikNews
Ini Pesan Idul Fitri Buya Syafii Kepada Warga Muhammadiyah Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii, berpesan kepada warga Muhammadiyah pada momen Idul Fitri 1440 H. Buya berharap warga Muhammadiyah tetap menjaga kerukunan meskipun pandangan politiknya berbeda-beda.

"Saatnya bermaaf-maafan, perbedaan politik jangan dibawa ke rumah tangga. Muhammadiyah ini rumah tangga kita yang asli, yang lain hanya tempat singgah, termasuk partai politik," kata Buya Syafii, saat menghadiri acara syawalan Muhammadiyah di kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Rabu (5/6/2019).

Menurut Buya, pandangan politik yang tercermin dalam kontestasi Pemilu jangan sampai merusak integrasi nasional. Karena Pemilu adalah sebuah proses yang biasa dilalui setiap lima tahun sekali.

"Tahun 2020 ada Pilkada, hobi kita itu pemilu. Tetapi ketimpangan sosial masih terasa sebab Pancasila belum dipedomani secara utuh sejak (Indonesia) merdeka," ujar Buya.

Buya meminta warga Muhammadiyah harus tetap menghayati Indonesia. Dinamika politik tidak perlu diperkeruh dengan perilaku yang bisa memicu perpecahan bangsa.

Buya pun mencontohkan soal dinamika Pemilu 2019. Dia minta segenap lapisan masyarakat menerima apapun hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Jangan sampai ada pihak-pihak tetap memaksakan kehendak yang tidak sesuai dengan konstitusi.

"Setelah ada hasil MK maka selesai, jangan 'pokoknya, pokoknya'," imbuh Buya.



Tonton video Warga Korban Banjir Kendari Lebaran di Tenda Pengungsian:

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed