Pasca Aksi Bom Bunuh Diri, Pospol Kartasura Sudah Dipakai Jaga Lagi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 04 Jun 2019 14:14 WIB
Suasana di Pospol Kartasura, Sukoharjo siang ini. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Suasana di Pospol Kartasura, Sukoharjo siang ini. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Sukoharjo - Pos Polisi Tugu Kartasura, Sukoharjo menjadi lokasi aksi bom bunuh diri, kemarin malam. Hari ini, pos pantau arus mudik lebaran itu telah dioperasikan kembali seperti biasa.

Pantauan detikcom, Selasa (4/6/2019) pukul 13.30 WIB, terlihat sejumlah polisi berjaga di pos yang berada di barat Tugu Kartasura. Mereka tampak bersiaga di dalam pos.

Sesekali mereka mengatur lalu lintas saat lalu lintas padat. Seperti diketahui, titik tersebut merupakan jalur pertemuan antara Solo, Semarang dan Yogyakarta.

Bekas ledakan pada dinding kayu pos polisi itu masih terlihat gosong. Terdapat pula dinding kayu sedikit berlubang akibat ledakan kemarin.


Sementara arus lalu lintas di Tugu Kartasura terpantau cukup padat. Meski padat, kendaraan masih dapat berjalan dengan lancar.

Diberitakan sebelumnya, terduga pelaku bernama Rofik Asharuddin (RA) melakukan bom bunuh diri di depan Pos Polisi Kartasura. Bom menyebabkan RA tergeletak bersimbah darah dan membuat sedikit kerusakan pada dinding kayu pos polisi.

Lokasi kejadian bom Kartasura. Lokasi kejadian bom Kartasura. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan gerak-gerik pelaku sebelum beraksi itu terungkap berdasarkan keterangan saksi di lokasi. Saksi yang merupakan timer bus itu membantu polisi memasang lampu saat kejadian, Senin (3/6).


"Saksi melihat pelaku itu sedang berjalan ke arah pos (polisi) pukul 22.35 WIB, pakai baju hitam dan celana jins, pakai headset," kata Dedi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2019).

Lalu, pelaku sempat duduk di trotoar depan pos polisi. Tak lama, tiba-tiba terjadi ledakan.

"Pelaku ini duduk di trotoar di depan pos polisi sekitar 5-10 menit. Tiba-tiba sekitar 22.45 WIB terjadi ledakan yang cukup kencang yang mengakibatkan pelaku mengalami luka di depan pos," ujarnya.



Lihat video Pelaku Bom Bunuh Diri di Pospam Kartasura Terpapar Paham ISIS:

[Gambas:Video 20detik]

(bai/sip)