detikNews
Senin 03 Juni 2019, 15:50 WIB

Libur Lebaran, Tamu Hotel di Yogya Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Ristu Hanafi - detikNews
Libur Lebaran, Tamu Hotel di Yogya Meningkat Dibanding Tahun Lalu Herryadi Baiin (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Yogyakarta - Hotel-hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merasakan dampak dari libur panjang Idul Fitri atau Lebaran 2019. Kamar hotel di daerah yang menyandang predikat kota wisata ini mengalami lonjakan okupansi atau tingkat keterisian.

"Melihat tren tahun lalu dalam periode sama, hanya sekali peak, H+3. Tahun ini periode tanggal 6,7,8 Juni 2019 peak-nya, ada peningkatan," kata Ketua DPD Indonesian Hotel General Manager Assosiasion (IHGMA) Yogyakarta, Herryadi Baiin, kepada wartawan, Senin (3/6/2019).

"Kita lihat data ada beberapa hotel di ring I beberapa tanggal sudah booking 90-100 persen," lanjutnya.


Herryadi menyebutkan, awalnya IHGMA yang beranggotakan general manager hotel ini merasa pesimis melihat data pada pertengahan bulan Mei lalu. Saat itu, pesanan kamar hotel masih tergolong kecil untuk periode 4-8 Juni.

"Pergerakan okupansi tidak terlalu signifikan, sekitar 2-5 kamar per hari. Tapi mulai 27 Mei permintaan kamar meningkat, sehari bisa 20-30 kamar," jelasnya.

"Pergerakan ini karena musim libur mulai 30 Mei, tanggal merah, juga masuk cuti bersama," sambungnya.


Dia menceritakan, tren tiga tahun ke belakang banyak orang yang pesan kamar jauh-jauh hari. Tapi ternyata untuk tahun ini, tren tersebut mulai berubah.

"Mulai Tahun Baru kemarin, ada tol Trans Jawa, dan aksesibilitas transportasi lainnya, orang memilih berkendara dengan kendaraan pribadi atau sewaan dibandingkan dengan naik pesawat, mungkin karena faktor harga tiket. Sekarang terlihat last minute booking-nya," terang Herryadi.

Selama libur Lebaran ini, beberapa hotel memberikan paket paket untuk menarik dan memanjakan tamu. IHGMA pun mengklaim tidak ada praktik perang harga.

Untuk jumlah hotel di DIY, terdapat 96 hotel berbintang dengan jumlah 16.575 kamar dan 589 hotel non bintang dengan jumlah kamar 10.376.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed