Pertapa di Puncak 29 Muria Jepara Dievakuasi Paksa

Wikha Setiawan - detikNews
Minggu, 02 Jun 2019 15:11 WIB
Seorang pertapa dievakuasi dari Puncak 29, Gunung Muria, Jepara. Foto: Dok BPBD Jepara
Jepara - Seorang pria bernama Nur Hasan (35) ditemukan lemas dalam gubuk yang berada di Puncak 29, Gunung Muria, Sabtu (1/6). Diduga pria tersebut berada di gubuk itu untuk menjalani tirakat atau bertapa.

Nur Hasan awalnya ditemukan oleh seorang pendaki yang kemudian melaporkannya ke tim SAR setempat.

"Setelah itu, kami terjunkan tim untuk ke lokasi," ujar Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, Minggu (2/6/2019).

Arwin mengungkapkan bahwa Nur Hasan sudah berada di gubung tersebut selama tiga pekan dan kehabisan logistik. Warga juga sempat mengajaknya turun, tapi Nur Hasan menolaknya.

"Informasinya (Nur Hasan sedang) tirakat. Dari keterangan warga, sudah sempat diajak turun, tapi yang bersangkutan menolak," lanjutnya.

Usai dievakuasi pada dini hari tadi, Nur Hasan dilarikan ke Puskesmas Keling. Kondisinya saat itu lemas dan harus rawat inap. Namun Nur Hasan yang merupakan warga Desa Srikandang Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara ini menolak.

"Akhirnya diantar ke rumah orang tuanya," ujar Arwin.

"Alhamdulillah sudah terselamatkan. Kami bawa bekal makanan untuk korban dan sudah mendapat perawatan dari puskesmas. Karena yang bersangkutan tidak mau inap, jadi rawat jalan," tandasnya. (sip/sip)