detikNews
Sabtu 01 Juni 2019, 15:08 WIB

Objek Wisata di Luar Radius 3 Km dari Puncak Merapi Aman Dikunjungi

Usman Hadi - detikNews
Objek Wisata di Luar Radius 3 Km dari Puncak Merapi Aman Dikunjungi Gunung Merapi dari arah Klangon, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Yogyakarta - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan objek wisata di luar radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi aman dikunjungi wisatawan.

"Objek wisata di sekitar Gunung Merapi seperti kawasan Kaliurang, Kaliadem, Klangon, Deles dan kawasan lain yang berada di luar radius 3 Km dari puncak aman untuk dikunjungi," tutur Kepala BPPTKG, Hanik Humaida dalam keterangannya, Sabtu (1/6/2019).

Sejak memasuki fase pembentukan awan panas mulai 29 Januari 2019, BPPTKG mencatat sudah terjadi 72 kali awan panas di Merapi. Meski terus menunjukkan aktivitasnya namun status Merapi belum mengalami perubahan, masih berada di level 'waspada'.


"Status aktivitas (Merapi) masih ditetapkan dalam tingkat waspada dengan rekomendasi di luar radius 3 Km dari puncak masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa," paparnya.

Walaupun belum ada perubahan signifikan atas aktivitas Merapi, akan tetapi Hanik mengimbau masyarakat dan pemerintah untuk tetap mewaspadai berbagai kemungkinan bahaya, terutama potensi bahaya di alur Kali Gendol.

"Masyarakat dan pemerintah daerah dimohon mempersiapkan prosedur penanganan kondisi darurat terhadap aktivitas masyarakat/wisatawan di alur Kali Gendol dan sekitarnya," terangnya.


Tak hanya itu, masyarakat dan wisatawan juga diminta untuk mewaspadai potensi hujan abu di sekitar Merapi. "Masyarakat di sekitar dihimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik," pungkas Hanik.
(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed