detikNews
Sabtu 01 Juni 2019, 11:32 WIB

750 Pemudik Gratis dari Jateng Berangkat Hari ini

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
750 Pemudik Gratis dari Jateng Berangkat Hari ini Mudik gratis oleh Jasa Raharja Jateng (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Jawa Tengah tidak hanya menjadi tujuan untuk mudik Lebaran. Warganya ternyata cukup banyak yang mudik ke luar daerah dan memanfaatkan mudik gratis dari pemerintah dan swasta.

Siang ini, sebanyak 750 pemudik dari Jawa Tengah berangkat bersamaan ke berbagai daerah dengan menggunakan 15 bus dari BUMN yang kali ini disediakan oleh Jasa Raharja Jawa Tengah.

Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi Jasa Raharja, Wahyu Wibowo dan Sekda Provinsi Jateng Sri Puryono melepas para pemudik itu di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang.


Ada 12 daerah tujuan dari program mudik gratis tersebut, yaitu ke Serang, Jakarta, Bandung, Sukabumi, Madiun, Blitar, Malang, Surabaya, Jember, Situbondo, Pacitan dan Majenang.

"Di sini 750 orang, kalau total seluruh Indonesia ada 250 ribu orang," kata Wahyu, Sabtu (1/6/2019).

Jumlah bus untuk arus balik gratis BUMN dari Jateng lebih banyak yaitu 70 bus dan akan diberangkatkan dari halaman Asrama Haji Donohudan, Boyolali tanggal 13 Juni.

Tidak hanya bus, ada juga mudik gratis BUMN dari Jasa Raharja Jateng menggunakan kereta api. Jadwalnya yaitu untuk arus balik tanggal 13 dan 14 Juni dari Stasiun Solo Balapan menggunakan 2 rangkaian KA Jayakarta Premium jurusan Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 19.15 WIB. Ada juga dari Stasiun Tawang Semarang tanggal 14 Juni 2019 menggunakan KA Menoreh jurusan Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 08.00 WIB.


Sri Puryono menambahkan, kegiatan tersebut berguna untuk mengurangi angka kecelakaan pemudik motor di jalan. Ia berharap untuk tahun depan kuota yang disiapkan bisa lebih banyak karena peminatnya memang tinggi.

"Ini di saat yang bersamaan ada 182 bus berangkat dari Jakarta ke Jateng dilepas oleh Pak Gubernur," kata Sri Puryono.



Tonton juga video H-4 Lebaran, GT Cikampek Utama Masih Ramai-Lancar:

[Gambas:Video 20detik]


(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed