detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 20:30 WIB

Layani Pemudik, PMI Siapkan 29 Pos di DIY

Bagus Kurniawan - detikNews
Layani Pemudik, PMI Siapkan 29 Pos di DIY Foto: Istimewa/detikcom
Yogyakarta - Arus mudik menggunakan kendaraan mulai terlihat di sejumlah tempat di DIY. Mereka akan sebagian besar akan melanjutkan perjalan menuju Jawa Tengah bagian selatan maupun Jawa Timur.

Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) menyiapkan 29 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama & Ambulans. Sebanyak 854 personel termasuk dokter dan paramedis serta 23 ambulans disiagkan di sejumlah tempat-tempat penting di Yogyakarta, baik di Kota Yogyakarta maupun daerah-daerah perbatasan.

"Kami siagakan personel yang memiliki pengetahuan serta keterampilan pertolongan pertama. Mereka akan bertugas 24 jam sehari dalam 2-3 shift perhari mulai H-7 dan H+7 di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan keluar wilayah DIY, terminal dan seluruh markas PMI," ungkap
Ketua PMI DIY GBPH H. Prabukusumo saat memantau pos PMI bersama Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Jumat (31/5/2019).

Prabukusumo memaparkan selain di pos-pos tertentu, personel PMI dengan ambulans akan mobile ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Pantai Gunungkidul, Bantul dan Kulon Progo dan tempat wisata di wilayah Sleman.

"Gembiraloka serta acara Garebeg Sawal Keraton Yogyakarta tanggal 6 Juni besok, PMI DIY juga siaga," paparnya.

Menurutnya beberapa Posko PMI yang bisa diakses oleh masyarakat di PMI Kota Yogyakarta ada 6 titik yakni Posko Markas PMI Kota Yogyakarta, Terminal Giwangan, Titik Nol Kilometer, Pos Perempatan Ringroad Ketandan yang dimulai sejak H-7 sampai dengan H+7.

Selanjutnya PMI Bantul membuka posko di dua titik yakni Posko Markas PMI Kabupaten Bantul dan Pos Perempatan Ringroad Madukismo. Personel PMI Kabupaten Bantul juga akan mobile ke jalur Cino Mati, Pleret dan tempat-tempat keramaian di wilayah Bantul.

Sedangkan PMI Kabupaten Sleman ada 13 titik pos yakni Posko Markas PMI Kabupaten Sleman, Pos Monumen Jogja Kembali, Pos Pakem, Pos Tempel dan pos mandiri di beberapa kecamatan yaitu Depok I, Depok II, Ngemplak, Godean, Turi, Cangkringan, Kalasan, Berbah, Prambanan, dan Terminal Jombor.

"Wilayah Kulon Progo, PMI menempatkan tiga ttik pos yakni Posko PMI Kabupaten Kulon Progo, Terminal Wates dan Jembatan Timbang Kulwaru. Posko Markas PMI beroperasi 24 jam sedangkan Pos Jembatan Timbang Kulwaru Wates," katanya.

Untuk Gunungkidul lanjut Gusti Prabu panggilan akrabnya itu, juga telah menyiagakan Pos Markas PMI Gunungkidul, Pos Paliyan, dan Pos Gading., Playen Selain itu personel juga akan mobile ke Pantai Baron dan Pantai Pok Tunggal, karena bakal jadi tujuan saat libur lebaran.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X saat melakukan monitoring Posko Lebaran di wilayah Sleman dan Kota Yogyakarta menambahkan PMI bersama instansi lainnya bisa bekerjasama dalam memberikan pelayan masyarakat saat lebaran, terutama para pemudik maupun warga masyarakat.

"Yang terpenting tetap semangat dan menjaga kesehatan, saat teman-teman bertugas di lapangan," tutur KGPAA Paku Alam X.

(sip/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed