detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 19:57 WIB

Bagikan Takjil di Solo, Ganjar Gandeng 'Jokowi-Prabowo'

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Bagikan Takjil di Solo, Ganjar Gandeng Jokowi-Prabowo Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
solo - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membagikan takjil atau makanan untuk berbuka puasa kepada masyarakat yang melintas di Manahan, Solo. Dia berpesan agar masyarakat kembali bersatu usai gelaran Pilpres 2019.

Ganjar terlihat ikut membagikan roti kepada masyarakat yang berada di sekitar Plaza Manahan, Solo. Selain roti, takjil juga terdiri dari makanan tradisional khas Solo.

Tampak pula Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengikuti kegiatan pada Jumat (31/5/2019) sore itu. Ganjar juga berkolaborasi dengan purnawirawan TNI Kopral Bagyo menyampaikan pesan rekonsiliasi.

Terlihat beberapa orang mengenakan topeng Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Beberapa peserta aksi lain membawa poster bertuliskan pesan, antara lain 'Jangan Lama-lama Berseteru, Ayo Bersama Lanjutkan Membangun Bangsa'.

Setelah azan magrib terdengar, mereka pun bersama-sama berbuka puasa. Tampak warga yang mengenakan topeng Jokowi dan Prabowo saling menyuapi makanan tradisional klenyem.

Masyarakat terlihat antusias mendekat ke lokasi kegiatan. Selain mendapatkan takjil, masyarakat juga berbondong-bondong mengajak Ganjar berswafoto.

Ganjar menyebut aksi tersebut murni gerakan yang diinisiasi oleh rakyat. Melalui aksi tersebut, dia berharap tidak ada lagi ramai-ramai pertengkaran hanya karena berbeda pilihan politik

"Rakyat kini berbicara, mereka merindukan kesejukan, perdamaian," kata Ganjar usai membagikan takjil, sehingga tidak ribut terus, di daerah juga bisa nyaman," kata Ganjar.

Sementara Kopral Bagyo selaku koordinator kegiatan, mengatakan aksi dilakukan mewakili masyarakat Solo yang menginginkan kedamaian.

"Kami ingin tidak ada lagi 01 dan 02. Sudah saatnya kita semua bersatu," tegas mantan prajurit TNI yang bertugas di Denpom IV/4 Surakarta itu.

(bai/bgs)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com