detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 17:45 WIB

Antrean BBM di Rest Area 456 A Salatiga Teratasi

Aji Kusuma - detikNews
Antrean BBM di Rest Area 456 A Salatiga Teratasi Foto: Aji Kusuma/detikcom
Salatiga - Kepadatan arus kendaraan yang mengantre di SPBU Rest Area 456 A Salatiga sempat terjadi dan mengular hingga tepi jalan Tol. Antrean didominasi oleh kendaraan berpelat nomor luar kota, seperti Jakarta, Karawang dan Bandung.

M Ali, salah seorang pemudik dari Jakarta yang menuju Blitar Jawa Timur, mengaku sudah lama mengantre untuk mengisi BBM. Menurutnya, sejak awal masuk tadi, ia berada pada antrean kendaraan ke delapan belas.

"Saya sudah mengantre lebih dari 60 menit, memang di beberapa SPBU sebelumnya juga antrean panjang, tapi ini harus segera mengisi karena sudah habis," jelas M Ali.

Sementara itu, General Marketing PT Pertamina MOR IV Jateng - DIY, Andari Titi Lestari, menjelaskan sudah menyiapkan antisipasi kepadatan di beberapa titik yang berpotensi terjadi kerawanan kemacetan.

Satu truk tangki Pertamina, sudah tiba di lokasi. Beberapa petugas bersegera mengisi tangki SPBU, sebelum kembali memberikan pelayanan kepada para pemudik.

"Seperti di Rest Area 456 A Salatiga ini, kami menyediakan 4 nozzle pengisi BBM yang siap memberikan pelayanan. Ketersedian kami pastikan selalu ada, jika saat ini terjadi kepadatan itu berarti stok mulai menipis, kita tunggu saja, maksimal satu jam lagi kami siap melayani pengisian," Terang Andari di Rest Area 456 A Salatiga, Jumat (31/05/2019).

"Usai pengisian,pelay
antrean kendaraan di Resta Area Salatigaantrean kendaraan di Resta Area Salatiga Foto: Aji Kusuma/detikcom
anan akan kembali kami mulai. Sebab saat pengisian, otomatis pelayanan juga harus berhenti," terang Andari.

Ia mengatakan jika terjadi kepadatan yang luar biasa, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian terkait kelancaran distribusi truk tangki Pertamina yang menuju ke SPBU. Selain itu, sepeda motor pengisi BBM atau yang dikenal dengan SPBU Motoris juga disiagakan di beberapa titik rawa kemacetan.

"Kami akan berkoordinasi dengan Polisi untuk kelancaran akses distribusi truk tangki, selain itu, SPBU Motoris dengan kapasitas 30 liter Pertamax dan Pertamina Dex juga kami siagakan di lokasi rawan kemacetan," tandas Andari.

Ia menambahkan untuk mengantisipasi kepadatan antreaan kendaraan saat mengisi BBM, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng-DIY, menambah puluhan nozzle BBM di sepanjang ruas Tol Semarang-Solo. Penambahan nozzle difokuskan di beberapa titik yang berpotensi terjadi kerawanan kemacetan.

"Seperti di Rest Area 456 A Salatiga ini, kami menyediakan 4 nozzle pengisi BBM yang siap memberikan pelayanan. Ketersedian kami pastikan selalu ada, jika stok menipis, maksimal satu jam akan kami isi kembali," katanya.

Selain menyediakan SPBU reguler dan modular lanjut dia, Pertamina juga menyiagakan SPBU Motoris. Hal itu ditujukan untuk antisipasi kemacetan dan kepadatan di beberapa titik rawan.



Simak Juga 'Lokasi SPBU di Tol Jawa dan Sumatera':

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed