detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 08:50 WIB

Pemkab Boyolali Gelar Upacara Hari Jadi Tepat pada Hari Lebaran

Ragil Ajiyanto - detikNews
Pemkab Boyolali Gelar Upacara Hari Jadi Tepat pada Hari Lebaran Alun-alun Lor Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Kabupaten Boyolali akan memperingati hari jadinya yang ke-172 pada 5 Juni 2019 mendatang, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Meski bersamaan dengan hari Lebaran, Pemkab berencana tetap menggelar upacara peringatan hari jadi pada hari tersebut.

"Upacara hari jadi akan diselenggarakan setelah salat Ied di Masjid Agung," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Boyolali, Masruri, kepada wartawan, Jumat (31/5/2019).

Upacara hari jadi Kabupaten Boyolali rencananya dilaksanakan di depan Pendopo Alit, halaman rumah dinas Bupati, di Jalan Merbabu. Peserta upacara juga akan menggunakan pakaian kejawen. Untuk peserta pria, mengenakan pakaian kejawen jangkep, sedangkan peserta perempuan memakai kebaya nyamping wiru.

"Selesai upacara salam-salaman (halal bi halal)," imbuh dia.

Namun tidak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti upacara hari jadi ini. Upacara ini akan diikuti khususnya oleh pejabat eselon II, III, dan IV.

Dalam peringatan hari jadi ini, sejumlah rangkaian kegiatan digelar Pemkab Boyolali. Antara lain, diawali dengan niti tilas Ki Ageng Pandanaran di Kali Gede.

"Ada acara budaya dan pengiriman doa untuk Ki Ageng Pandanaran dari Pondok pesantren Sunan Pandan Arang, Tanduk, Ampel diikuti 172 santri," ujar Masruri.

Jajaran Pemkab Boyolali juga melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran di Bayat, Klaten. Kemudian silaturahmi kepada mantan Bupati/Wakil Bupati. Digelar pula sidang itsbat bagi pasangan yang belum memiliki surat nikah resmi.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com